Senin, 27 April 2009

Jenis Karangan

Jenis Karangan dan Langkah-langkah Mengarang

Oleh: Masnur Muslich

JENIS KARANGAN:
Deskripsi
Narasi
Eksposisi
Argumentasi
Persuasi

1. DESKRIPSI: Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.

Contoh deskripsi berisi fakta:
Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk Simakobu adalah contoh primata yang menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.

Contoh deskripsi berupa fiksi:
Salju tipis melapis rumput, putih berkilau diseling warna jingga; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.

Topik yang tepat untuk deskripsi misalnya:
Keindahan Bukit Kintamani
Suasa pelaksanaan Promosi Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional
Keadaan ruang praktik
Keadaan daerah yang dilanda bencana

Langkah menyusun deskripsi:
Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
Tentukan tujuan
Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan
Susunlah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutan lokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan
Kembangkan kerangka menjadi deskripsi

2. NARASI: Secara sederhana, narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Ketiga unsur berupa kejadian, tokoh, dan konflik merupakan unsur pokok sebuah narasi. Jika ketiga unsur itu bersatu, ketiga unsur itu disebut plot atau alur. Jadi, narasi adalah cerita yang dipaparkan berdasarkan plot atau alur.

Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.
Contoh narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman.
Contoh narasi yang berupa fiksi: novel, cerpen, cerbung, ataupun cergam.

Pola narasi secara sederhana: awal – tengah – akhir
Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh. Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca.
Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.
Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri.

Contoh narasi berisi fakta:
Ir. Soekarno

Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.
Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.
Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949.
Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus. Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara nonblok pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang

Contoh narasi fiksi:
Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.
Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?
Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.


Langkah menyusun narasi (fiksi):
Langkah menyusun narasi (fiksi) melalui proses kreatif, dimulai dengan mencari, menemukan, dan menggali ide.
Cerita dirangkai dengan menggunakan “rumus” 5 W + 1 H. Di mana seting/ lokasi ceritanya, siapa pelaku ceritanya, apa yang akan diceritakan, kapan peristiwa-peristiwa berlangsung, mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi, dan bagaimana cerita itu dipaparkan.

3. EKSPOSISI: Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

Contoh:
Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.
Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.

Topik yang tepat untuk eksposisi, antara lain:
Manfaat kegiatan ekstrakurikuler
Peranan majalah dinding di sekolah
Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil.

Catatan: Tidak jarang eksposisi berisi uraian tentang langkah/ cara/ proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses.

Contoh paparan proses:
Cara mencangkok tanaman:
1. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang subur, dan sabut secukupnya.
2. Pilihlah ranting yang tegak, kekar, dan sehat dengan diameter kira-kira 1,5 sampai 2 cm.
3. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat dan dikelupas sampai bersih kira-kira sepanjang 10 cm.

Langkah menyusun eksposisi:
Menentukan topik/ tema
Menetapkan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi.

4. ARGUMENTASI: Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Contoh:
Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

Tema/ topik yang tepat untuk argumentasi, misalnya:
Disiplin kunci sukses berwirausaha
Teknologi komunikasi harus segera dikuasai
Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial

Langkah menyusun argumentasi:
Menentukan topik/ tema
Menetapkan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi

5. PERSUASI: Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Contoh persuasi:
Salah satu penyakit yang perlu kita waspadai di musim hujan ini adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Untuk mencegah ISPA, kita perlu mengonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin dan antioksidan. Selain itu, kita perlu istirahat yang cukup, tidak merokok, dan rutin berolah raga.

Topik/ tema yang tepat untuk persuasi, misalnya:
Katakan tidak pada NARKOBA
Hemat energi demi generasi mendatang
Hutan sahabat kita
Hidup sehat tanpa rokok
Membaca memperluas cakrawala

Langkah menyusun persuasi:
Menentukan topik/ tema
Merumuskan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan
Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan persuasi

SOAL-SOAL DAN PEMBAHASANNYA

1. ”Ternyata badai ekonomi membuat beberapa wilayah negeri ini bergolak. Efek domino lepasnya Timor Timur tampak semakin menggejala. Di sana-sini muncul wacana tentang kemerdekaan wilayah. Dengan demikian, negeri ini menghadapi bahaya mahahebat, yakni disintegrasi.
Apakah melepaskan diri merupakan solusi terbaik? Untuk menjawab, kiranya merupakan langkah arif jika rakyat negeri ini kembali melihat sejarah. Kerajaan-kerajaan kecil terbukti lemah menghadapi tangan-tangan raksasa orang manca.”

Kutipan karangan di atas termasuk jenis karangan…
a. narasi
b. eksposisi
c. persuasi
d. argumentasi
e. deskripsi

Pembahasan: Karena kutipan karangan tersebut termasuk jenis karangan argumentasi karena mengandung unsur opini dan disertai dengan alasan yang berupa fakta.

2. “Ketombe memang amat menjengkelkan, tidak hanya bagi wanita, tetapi juga bagi pria. Bila Anda terkena penyakit ini dan belum menemukan obat mujarab, di sinilah Anda dapat menemukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya. Cobalah salah satu cara berikut yang menurut Anda paling sesuai dan paling mudah untuk Anda lakukan.”

Paragraf di atas termasuk jenis karangan….
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi

Pembahasan: Karena paragraf di atas berisi harapan penulis agar pembaca melakukan apa yang dianjurkan penulis.

3. ”Burung-burung gereja beterbangan di antara dedaunan pohon akasia. Sesekali terdengar cicit mereka. Suara klakson dan deru mobil mahasiswa satu demi satu beranjak pergi. Suasana kampus kembali sunyi.”

Paragraf di atas termasuk jenis karangan…
a. persuasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. eksposisi
e. narasi

Pembahasan: Paragraf di atas menggambarkan suasana kampus.

4. “Kita akan tetap saling memiliki, walau jarak telah memisahkan kita. Persahabatan yang kita lalui rasanya terlalu berarti kalau harus diakhiri begitu saja. Kecuali …….,” kata-kataku menggantung di udara, tiba-tiba saja pikiran itu melintas, seandainya seseorang datang dalam kehidupan Rina! Tidak, aku menggeleng kuat-kuat. Rasa marah menyedak dadaku. Cemburu? Aku tak tahu. Namun rasanya sulit untuk menerima bila hal itu menjadi kenyataan.
Selamat tinggal Amerika, Universitas Oklahoma, dan semua kenangan pahit dan manis. Selamat tinggal. Kabut memenuhi mataku dan rongga hatiku ketika pesawat lepas landas.

Kutipan di atas termasuk jenis karangan….
a. deskripsi
b. eksposisi
c. narasi
d. argumentasi
e. persuasi

Pembahasan: Kutipan di atas merupakan cerita fiksi karena terdapat peristiwa, tokoh, dan seting.

5. ”Service dalam bermain tenis lapangan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Pertama, ambillah posisi di luar garis belakang dan agak ke tengah. Kedua, lakukan konsentrasi untuk beberapa detik dan aturlah posisi kaki. Ketiga, bungkukkan badan ke depan sedikit sambil melempar bola ke atas, raket diayunkan ke belakang dan dengan cepat pukullah bola dengan kekuatan maksimal. Bola akan melayang dengan cepat.”

Paragraf di atas termasuk jenis karangan….
a. eksposisi
b. argumentasi
c. deskripsi
d. narasi
e. persuasi

Pembahasan: Paragraf di atas termasuk jenis eksposisi (paparan proses).

6. (1) Mengumpulkan informasi
(2) Mengembangkan kerangka menjadi karangan
(3) Menetapkan tema
(4) Menyusun kerangka karangan
(5) Menentukan tujuan penulisan

Langkah-langkah yang benar adalah dengan urutan sebagai berikut….
a. (1), (2), (3), (4), (5)
b. (3), (5), (1), (4), (2)
c. (4), (1), (5), (3), (2)
d. (5), (2), (3), (1), (4)
e. (3), (4), (1), (5), (2)

Pembahasan: Karena urutan langkah yang logis untuk mengarang terdapat pada opsi b.

7. Perhatikan proses membuat pakaian jadi berikut!
(1) membuat pola
(2) mengukur badan
(3) menggunting bahan
(4) menentukan model
(5) menjahit

Urutan proses bila kita akan membuat pakaian jadi yang benar adalah….
a. (3), (1), (2), (4), (5)
b. (2), (4), (3), (1), (5)
c. (4), (2), (1), (3), (5)
d. (1), (4), (3), (2), (5)
e. (4), (1), (2), (3), (5)

Pembahasan: Karena urutan proses yang logis untuk soal di atas adalah opsi C

8. (1) Pemberian hadiah bagi siswa yang kreatif
(2) Majalah dinding merupakan sarana komunikasi intern
(3) Majalah dinding merupakan wadah kreativitas siswa
(4) Adanya majalah dinding, minat baca dan minat tulis siswa meningkat.
(5) Peran serta guru dalam pengelolaan majalah dinding sangat diharapkan.

Di antara kalimat-kalimat utama di atas yang tidak tepat untuk digunakan dalam kerangka karangan yang bertema Majalah Dinding di sekolah adalah kalimat nomor….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Pembahasan:Kalimat nomor (1) tidak tepat untuk digunakan dalam kerangka karangan yang bertema Majalah Dinding di sekolah.

9. Perhatikan butir-butir kerangka berikut!
(1) Padahal pemanfaatan dunia kelautan Indonesia sangat menguntungkan.
(2) Yang penting, perlu menyediakan sumber daya manusia bidang kelautan.
(3) Geografis perairan Indonesia sangat strategis.
(4) Tetapi, kebijakan pembangunan belum memanfaatkan potensi geografis tersebut.
(5) Juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan ilmu kelautan di Indonesia.

Butir-butir kerangka yang bertema kelautan tersebut akan menjadi kerangka yang baik jika menggunakan urutan….
a. (5), (4), (1), (3), (2)
b. (4), (3), (5), (2), (1)
c. (2), (3), (1), (4), (5)
d. (3), (4), (1), (5), (2)
e. (1), (2), (3), (5), (4)

Pembahasan: Karena urutan yang logis untuk tema tersebut adalah opsi d.

10. (1) Musim kemarau panjang tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami. (2) Sungai yang mengalir di tengah-tengah desa kering kerontang. (3) Bahkan sumur pun banyak yang tak berair lagi. (4) Sawah dan ladang seperti hangus dan dimakan oleh terik matahari. (5) Tanah pecah berbongkah-bongkah, tanaman pun hampir tak ada yang berwarna hijau lagi.

Yang tidak termasuk kalimat deskripsi dalam paragraf di atas, yaitu kalimat nomor….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Pembahasan: Karena kalimat nomor (1) bukan merupakan gambaran melainkan pendapat.

11. Ciri pengembangan karangan eksposisi adalah….

a. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar, atau statistik untuk memperjelas informasi.
b. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar, atau statistik untuk membuktikan atau mempengaruhi pembaca.
c. Merangsang indra pembaca pada suatu objek yang digambarkan oleh penulis.
d. Menceritakan urutan peristiwa secara kronologis.
e. Mengajak pembaca mengikuti anjuran penulis.

Pembahasan: Karena opsi a merupakan ciri pengembangan karangan eksposisi yaitu untuk memperjelas informasi bagi pembaca.

12. Jika akan menjelaskan pengertian dan fungsi pasar, kita dapat menggunakan karangan….

a. argumentasi
b. eksposisi
c. deskripsi
d. narasi
e. persuasi

Pembahasan: Karena karangan eksposisi adalah menjelaskan informasi untuk memberi pengetahuan bagi pembaca.

13. Topik yang dapat dikembangkan menjadi karangan argumentasi adalah….
a. Alasan pemerintah DKI membangun sistem transportasi Jakarta seperti busway.
b. Bentuk fisik bus angkutan trans-Jakarta.
c. Kisah perjalanan Sutiyoso, dari Pangdam Jaya sampai menjadi Gubernur DKI.
d. Proses pembuatan dan perakitan bus trans-Jakarta.
e. Himbauan pemerintah DKI kepada masyarakat pengguna trans-Jakarta.

Senin, 13 April 2009

Antropologi Kelas XII Tipe A

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat/benar.

1. Sistem kekerabatan Bilateral dan menggunakan bahasa bersetruktur dikenal oleh suku bangsa ….

A. Jawa, Bali

B. Jawa, Sunda

C. Batak, Makasar

D. Batak, Minangkabau

E. Minahasa, Minangkabau

2. Jenis kesenian ondel-ondel pada masyarakat Betawi berasal dari ….

A. Bangsa Arab

B. Bangsa Cina

C. Bangsa Jepang

D. Bangsa India

E. Bangsa Portugal

3. Tradisi selamatan turun tanah dan kikir gigi pada anak yang akil balik dilakukan oleh ….

A. Bali dan Sunda

B. Bali dan Jawa

C. Sunda dan Betawi

D. Tengger dan Madura

E. Tengger dan Makasar

4. Tradisi selamatan yang dilakukan oleh masyarakat pada waktu bayi lahir merupakjan salah satu wujud kebudayaan ….

A. Berupa kesatuan ide ide

B. Dimiliki oleh masyarakat

C. Berupa sasaran masyarakat

D. Kesatuan aktivitas masyarakat

E. Berupa benda benda hasil masyarakat

5. Contoh pengaruh positif keragaman budaya pada masyarakat ….

A. Berkembangnya sifat etnis sentrisme

B. Berkembangnya sifat primadialisme

C. Berkembangnya sifat rasiolisme

D. Berkembangnya budaya lokal di Indonesia

E. Berkembangnya etos budaya bangsa Indonesia

6. Salah satu faktor yang dapat menghambat pembangunan kebudayaan secara nasional adalah ….

A. Meningkatkan ketakwaan

B. Memperkuat integrasi nasional

C. Menjalin kerjasama antar etnis di Indonesia

D. Memajukan salah satu kebudayaan daerah

E. Menjauhkan sikap fanatisme yang berlebihan

7. Konsep dinamika budaya dapat diartikan sebagai proses ….

A. Proses peralihan usia manusia

B. Proses pewarisan budaya antar generasi

C. Proses belajar kebudayaan bangsa sendiri

D. Masuknya unsur budaya dari bangsa asing

E. Pentingnya unsur budaya dalam kehidupan manusia

8. Perhatikan beberapa proses dinamika budaya di bawah ini !

1. Sosialisasi

2. Enkulturasi

3. Perubahan sosial

4. Perubahan budaya

Berdasarkan proses dinamika budaya di atas yang tepat adalah nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Pend.Antropologi Kelas XII IPB ( Soal Try Out A )

9. Penyebaran adapt budaya dari yang satu kepada budaya yang lain disebut ….

A. Difusi budaya

B. Inovasi budaya

C. Sintesa budaya

D. Sosialisasi budaya

E. Internalisasi budaya

10. Perhatikan faktor-faktor di bawah ini!

1. Sistem perangsang bagi kegiatan mencipta

2. Mutu dari ke ahlian dalam suatu kebudayaan

3. Kesadaran akan kekurangan dalam suatu kebudayaan

4. Menolak unsur budaya baru yang datangnya dari bangsa asing

5. Ingin memperhatikan dan mempertahankan budaya lama

Berdasarkan faktor-faktor tersebut diatas yang mendorong bagi seseorang individu untuk mengembangkan penemuan baru adalah nomor ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 1, 3 dan 5

D. 2, 3 dan 4

E. 2, 4 dan 5

11. Salah satu contoh proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional yaitu ….

A. Keluarga

B. Masyarakat

C. Pendidikan

D. Media Massa

E. Organisasi Sosial

12. Salah satu contoh proses pewarisan budaya pada masyarakat moderen adalah ….

A. Keluarga

B. Masyarakat

C. Keluarga Inti

D. Lembaga

E. Media Massa

13. Seorang Ibu mendidik anaknya supaya jadi anak yang mengerti dan menghayati adat istiadat seperti dirinya. Kasus ini merupakan contoh dari ….

A. Difusi budaya

B. Pewarisan budaya

C. Dinamika budaya

D. Integrasi budaya

E. Pemaksaan budaya

14. Dalam proses pewarisan budaya kesenian rakyat berfungsi sebagai ….

A. Sarana hiburan akhir pekan

B. Sarana hiburan masyarakat

C. Sarana hiburan muda mudi

D. Menampilkan karya seni para seniman

E. Penyampaian nilai nilai luhur kepada masyarakat

15. Sarana pewarisan budaya yang paling efektif dalam kehidupan masyarakat moderen adalah ….

A. Radio

B. Televisi

C. Majalah

D. Surat kabar

E. Lembaga Sosial

16. Pewarisan budaya sebagai suatu proses peralihan nilai nilai budaya melalui belajar mengandung pengertian sebagai berikut ….

A. Interaksi masyarakat

B. Interaksi antar masyarakat

C. Interaksi antar generasi

D. Interaksi secara vertical dan horizontal

E. Proses kesinambungan budaya antar generasi

17. Salah satu alasan terpenting perlunya integrasi nasional dalam kehidupan berbangsa di Indonesia adalah ….

A. Menarik perhatian bangsa lain

B. Mencegah masuk budaya asing

C. Mencegah pengaruh buruk budaya asing

D. Menjaga keaslian budayanya sendiri

E. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa

18. Sparatisme di berbagai daerah di Indonesia dapat mengarah kepada terjadinya ….

A. Integrasi

B. Globalisasi

C. Sosialisasi

D. Nasionalisasi

E. Disentegrasi

19. Fungsi bangsa Indonesia adalah sebagai lambing idensitas, sebagai alat penghubung antar daerah, fungsi bahasa Indonesia di atas dalam kedudukannya sebagai fungsi….

A. Negara

B. Nasional

C. Pengantar

D. Penghubung

E. Kebanggaan

20. Fungsi bahasa secara khusus adalah untuk tujuan artistic, yaitu sebagai alat untuk….

A. Pemuas estetika

B. Mengadakan adaftasi

C. Mengekspresikan jiwa

D. Pergaulan sehari-hari

E. Kepentingan ilmu pengetahuan

21. Variasi bahasa yang berkenan dengan status, golongan dan kelas sosial para pemakainya disebut ….

A. Ideolek

B. Sosialek

C. Dialek

D. Kronolek

E. Dialek area

22. Bahasa menjadi alat vital dalam komunikasi karena ….

A. Bahasa memberikan petunjuk

B. Bahasa alat penyampai pesan

C. Bahasa alat ukuran bertindak

D. Bahasa menjadi pemanis interaksi

E. Bahasa menjadi pedoman tingkah laku

23. Perhatikan gambar di bawah ini !

Gambar diatas merupakan jenis tarian berasal dari daerah ….

A. Subang

B. Sumedang

C. Ponorogo

D. Yogyakarta

E. Surakarta

24.

Perhatikan gambar diatas. Contoh diatas merupakan jenis tarian berasal dari ….

A. Bogor

B. Cianjur

C. Karawang

D. Ciamis

E. Purwakarta

25. Perhatikan Contoh gambar ragam batik di bawah ini berasal dari daerah ….

A. Cirebon

B. Surakarta

C. Jambi

D. Lampung

E. Yogyakarta

26.

Perhatikan gambar di atas, adalah peralatan rumah tangga yang merupakan pengaruh ….

A. China

B. Islam

C. Barat

D. Hindu

E. Klasik

27.

Fungsi tarian dari gambar di atas adalah untuk ….

A. memulai untuk tanam padi

B. memperingati gugurnya pahlawan Husein

C. pesta menyambut panen

D. penyambutan kedatangan dewa

E. ritual penyembuhan penyakit

28. Contoh seni pertunjukkan yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai moral adalah ….

A. Pantomim

B. Barongsai

C. Wayang Wong

D. Reog Ponorogo

E. Serampang Dua Belas

29. Karya sastra yang banyak diwarnai oleh idealisme dan moralisme yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 adalah karya sastra dari angkatan ….

A. Pujangga Baru

B. Balai Pustaka

C. Angkatan 45

D. Angkatan 50

E. Pujangga lama

30. Suluk, Babad dan Syair merupakan bentuk karya sastra yang berkembang pada masa ….

A. Pra sejarah

B. Islam

C. Hindu Budha

D. Colonial

E. Modern

31. Pemberian sesajen yang dilakukan para nelayan di Pantai Selatan sebagai bentuk perlengkapan dan penghormatan bagi penunggu laut Selatan, merupakan contoh dari kepercayaan ….

A. totemisme

B. animisme

C. dinamisme

D. politeisme

E. monoteisme

32. Pada suku Asmat dikenal dengan kepercayaan totemisme. Totemisme adalah suatu kepercayaan yang menganggap ….

A. binatang-binatang tertentu memiliki kekuatan magic

B. bahwa benda-benda tertentu dianggap keramat

C. roh-roh memiliki kekuatan gaib

D. dewa-dewa merupakan pengganti Tuhan

E. adanya kekuatan angina dan benda-benda gaib

33. Dalam Ibadah haji, orang dari berbagai macam negara dan bangsa berkumpul dan tidak lagi merasa berbeda dengan yang lainnya. Hal ini menunjukkan fungsi agama sebagai ….

A. pendidikan

B. alat pemersatu

C. kontrol sosial

D. penyelamatan

E. pembelajaran

34. Fungsi edukatif agama melalui contoh berikut, yaitu ….

A. Iwan menolak ketika diajak temannya untuk berjudi

B. Pemimpin agama memberikan ceramah di masjid

C. Pelaksanaan Ibadah haji

D. Siswa mengumpulkan infak setiap hari Jumat

E. Melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan

35. Warisan IPTEK tradisional leluhur di bidang pertanian adalah ….

A. mekanisme pertanian

B. pemakaian traktor modern

C. counter planning

D. sistem terasering

E. sistem irigasi

36. Berikut ini adalah potensi positif dari perkembangan IPTK, kecuali ….

A. banyak menyerap tenaga kerja

B. memudarnya nilai-nilai tradisi

C. persebaran informasi yang sangat cepat

D. mendukung penelitian di berbagai bidang

E. pemerataan pembangunan ke seluruh daerah

37. Pemakaian obat-obatan anti serangga yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan….

A. hasil tanaman berlipat ganda

B. panen dapat dipetik lebih cepat

C. tanaman bebas dari serangga

D. hewan serangga cepat punah

E. punahnya makhluk hidup yang bukan sasaran

38. Seni arsitektur bangunan yang melambangkan mitologi orang Toraja, Batak, dan Minangkabau tampak pada ….

A. serambi rumah

B. tangga rumah

C. bumbungan rumah

D. bagian kolong rumah

E. bentuk atap menyerupai perahu

39. Berikut ini merupakan berbagai tanaman yang dipakai sebagai obat tradisional, kecuali ….

A. jahe

B. temulawak

C. daun talas

D. tumis kucing

E. mahkota dewa

40. Pada kasus orang Badui Dalam, mereka memilih untuk merespon IPTEK dengan memilih tetap pada kehidupan mereka yang sekarang. Mereka melakukan itu karena….

A. mereka tidak mau terjadi perubahan pada masyarakat

B. orang Badui adalah orang yang sulit berubah

C. pemberi inforamsi baru tidak dapat menyampaikan pesan pada masyarakat Badui

D. orang Badui menggantungkan hidupnya pada hutan dan sungai, sehingga takut membuat alam berubah

E. orang Badui adalah orang yang masih hidup di daerah terpencil, dan tidak tersentuh oleh teknologi