Senin, 07 September 2009

Ulangan Harian Kelas X Semester 1

SOAL ULANGAN TRIWULAN

I. Bacalah teks berita di bawah ini dengan seksama!


1. Siapa yang terlibat dalam peristiwa impor bahan pakan ternak pada teks berita di atas?

a. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Deptan) Kabupaten Tangerang.

b.Para pengusaha di Amerika Serikat

c. Para pengusaha di Cina

d.Dr.Didi Aswadi

e. Sejumlah pengusaha di Tangerang

2. Peristiwa apa yang terjadi dalam teks berita di atas?

a. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan mengimpor jagung dari lampung.

b.Dr.Didi Aswadi tidak berhasil menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan.

c. Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan meminimalisasi impor jagung dengan menanam jagung di sejumlah daerah.

d.Sejumlah pengusaha di Tangerang mengimpor jagung dari Amerika serikat dan Cina untuk pakan ternak.

e.Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Dr.Didi Aswadi bekerjasama menanggulangi kelangkaan pakan ternak di Tangerang.

3. Kegiatan mendengarkan siaran berita TV/radio termasuk dalam kegiatan. . . .

a. berbicara b. membaca c.menyimak/mendengarkan

d. menulis e. berdiskusi

4. Hal yang tidak perlu dipersiapkan ketika mendengarkan informasi dari TV/radio adalah…

a. memilih siaran radio yang baik

b. mendengarkan siaran berita TV/radio sambil bersenandung

c. konsentrasi untuk mendengarkan siaran berita TV/radio.

d. mempersiapkan alat tulis

e. mencatat hal-hal pokok dari siaran berita TV/radio

5. Media massa yang paling banyak menyampaikan informasi kepada masyarakat adalah. . .

a. televisi b.radio c. surat kabar d. majalah e. surat

6. Kalimat yang biasa digunakan untuk memperkenalkan diri sebagai moderator adalah. . .

a. Selamat Pagi. Saudara-saudara yang saya hormati, sebelum diskusi kita mulai, perkenalkan saya, Farhan, sebagai moderator. . .

b. Selamat pagi Saudara-Saudara,sebelum melanjutkan pembicaraan, sebelumnya perkenalkan saya sebagai pejabat baru di lingkungan kelurahan ini. . . .

c. Saya sebagai moderator ingin memperkenalkan diri sebelum acara diskusi dimulai.

d. Marilah diskusi ini kita buka dengan terlebih dahulu membacakan doa.

e. Sebagai ketua kelas yang baru, perkenalkan nama saya, Fajar Aji Nakulo.

7. Salah satu tujuan membaca cepat adalah. . . .

a. melatih kecepatan membaca

b. mendapatkan informasi terentu

c. menyelesaikan suatu masalah

d. memperbanyak bacaan

e. melatih gerakan otot mata

8. Kalimat sapaan berikut ini yang tidak baku adalah. . .

a. Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

b. Rekan-rekan siswa yang saya cintai.

c. Bapak-bapak,ibu-ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati.

d. Adik-adik karang taruna yang saya banggakan.

e. Rekan-rekan guru yang saya hormati.

9. Kalimat pembuka diskusi yang tepat adalah….

a. Selamat pagi hadirin sekalian. Hari ini cuaca cukup cerah. Mudah-mudahan kitasemua sehat. Untuk itu marilah diskusi kita mulai.

b. Selamat pagi rekan-rekan. Diskusi ini sangat menarik. Untuk itu marilah kita mulai saja.

c. Hadirin semua, diskusi yang mengambil tema kekerasan dalam lingkungan akademik akan kita mulai.

d. Kawan-kawan ada baiknya diskusi ini segera dimulai saja.

e. Hadirin yang saya hormati, hari ini kita akan berdiskusi mengenai kekerasan dalam lingkungan akademik. Untuk itu marilah diskusi ini kita mulai dengan membaca terlebih dahulu.

10. Kalimat berikut yang berisi pernyataan persetujuan adalah . . . .

a. Saya sudah tidak sabar ingin mendengarkan pendapat Anda.

b. Saya sampaikan selamat karena pendapat Anda dapat diterima oleh semua peserta.

c. Saya sangat sependapat dengan pendapat Anda, hanya saja perlu dibuktikan dengan penelitian yang akurat.

d. Saya sependapat dengan Saudara, permasalahan tersebut memang harus segera dicari penelitiannya.

e. Maaf, tapi saya kurang sependapat dengan Anda.

11. Suatu siaran radio dimana para pendengar dapat ikut serta bergabung untuk menyampaikan pendapatnya dikenal dengan istilah ….

a. live show b.bincang-bincang c.talk show d.siaran langsung e.show

12. Tujuan dari membaca ekstensif adalah….

a. memahami pokok-pokok pikiran bacaan dengan cepat.

b. memahami teks secara keseluruhan secara detail

c. mengetahui gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan teks secara terburu-buru.

d. untuk membaca table dan grafik.

e. memahami informasi yang ada dalam table dan grafik.

13. Seorang penyaji menyampaikan makalahnya mengenai dampak tayangan sinetron remaja terhadap perkembangan jiwa remaja.

Kalimat penolakan terhadap alas an yang dikemukakan penyaji adalah…

a. Saudara Moderator, saya menolak pendapat tersebut karena masih perlu dilengkapi dengan data yang lain.

b. Saudara Moderator, saya kurang menerima pendapat tersebut karena masih perlu dilengkapi dengan data yang lain.

c. Saudara Moderator, pendapat tersebut perlu ditinjau kembali karena kenyataannya masyarakat sangat terhibur dengan tayangan di televise.

d. Saudara Moderator , saya tidak menyetujui pendapat tersebut karena sulit untuk dilaksanakan.

e. Saudara Moderator, saya kurang menerima pendapat tersebut karena tidak sesuai dengan kenyataan.

14. Kalimat di bawah ini tidak santun diucapkan dalam diskusi adalah . . . .

a. Saya sarankan agar diskusi ini segera diakhiri. Jika tidak, saya akan meninggalkan tempat ini.

b. Bila tidak salah, kita sekarang tidak membicarakan masalah itu.

c. Maaf Saudara,mengingat waktu yang sangat terbatas , pertanyaan Saudara harap singkat saja.

d. Saya menyarankan agar diskusi ini juga membahas hal-hal yang menyangkut. . . .

e. Berdasarkan contoh-contoh di atas, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.


15.

Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi berita di atas adalah ….

a. Pendidikan merupakan tolok ukur tingkat keberhasilan system pendidikan di Indonesia. Jadi, salahkan pada pembuat system.

b. Kekerasan tidak hanya terjadi di sekolah bahkan dalam keluarga pun tingkat kekerasan jauh lebih banyak.

c. Sudah seharusnya pendidikan dikembalikan keakarnya sebagai proses konsolidasi terhadap nilai-nilai sehingga jauh dari nilai kekerasan.

d. Kekerasan dalam sekolah sudah sewajarnya terjadi karena beban pelajaran yang ditanggung siswa sangat berat.

e. Kekerasan hanya terjadi pada lingkungan yang tidak diajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan. Jadi, tingkatkan dulu keimanan masyarakatnya.

16.



Suatu kondisi ketertiban masyarakat bisa tercipta kalau ada kepastian hokum dan juga penegakan hukum, law enforcement. Bila kejahatan terasa meningkat, masyarakat bisa tidak percaya lagi terhadap hokum. Buktinya masih banyak orang yang lebih suka main hakim sendiri, bahkan ada yang tidak percaya pada polisi.


Pernyataan tanggapan yang disertai alas an berdasarkan paragraf di atas adalah . . .

a. Saya sependapat dengan pernyataan bahwa kondisi ketertiban masyarakat bisa tercipta jika ada kepastian dan penegakan hukum.

b. Saya kurang setuju dengan argument yang dilontarkan. Polisi memang sudah seharusnya membenahi diri agar dipercaya masyarakat.

c. Saya kurang sependapat bahwa masyarakat banyak main hakim sendiri sebagai cermin bahwa masyarakat sudah tidak percaya lagi pada hokum.

d. Saya setuju bahwa kepastian hokum dan penegakan hokum menjadi indicator ytingkat ketertiban masyarakat.Namun, juga diikuti dengan pembenahan system hokum dan para penegak hokum itu sendiri.

e. Sudah selayaknya kepastian dan penegakan hokum di Indonesia dipikir kembali.

17. Pokok informasi paragraph nomor 16 adalah ….

a. Kondisi ketertiban masyarakat biasanya tercipta pada masyarakat pedesaan.

b. Kejahatan (kriminalitas) meningkat pesat terjadi di daerah perkotaan. Hal ini disebabkan rendahnya kesadaran hukum masyarakat.

c. Kasus main hakim sendiri dalam masyarakat sudah sering terjadi.

d. Masyarakat yang tertib akan tercipta jika ada kepastian hokum dan penegakan hokum.

e. Masyarakat yang tertib, aman, dan teratur tercipta jika kesadaran hokum masyarakat tinggi.

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah diskusi ini kita buka dengan membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Sebelumnya perkenalkan saya Yuana Tiloli . Baiklah kita lanjutkan dengan acara yang kedua, yaitu….

18.

a. Ketua kelas b. protokoler c.penyaji d. moderator e.penanya

19.

Untuk pertama kalinya Gedung Putih mengakui, informasi intelegen tentang Irak yang dimiliki intelegen Amerika Serikat (AS) sebelum invasi ke Irak mengandung unsure cacat. Pengakuan itu disampaikan Penasehat keamanan Nasional AS, Condoleezza Rice, dalam wawancara dengan jaringan televise CBS, Jumat (30/1). Meski demikian, Rice mengesampingkan desakan beberapa pihak yang menghendaki penyelidikan khusus tentang persoalan tersebut.

Sumber:Kompas,31 Januari 2004

Pernyataan kritik yang logis terhadap berita di atas terhadap pada kalimat….

a. Saya tidak sependapat dengan Rice yang mengesampingkan pihak yang hendak menyelidiki kasus tersebut.

b. Saya kurang sependapat dengan pernyataan Rice yang mengesampingkan desakan diadakannya penyelidikan karena dikhawatirkan kasus tersebut dapat berulang.

c. Saya tidak sependapat dengan pernyataan Rice.

d. Kebohongan intelegen AS harus diselidiki sampai tuntas.

e. Kasihan bangsa Irak yang hancur karena kebohongan intelegen AS.




20.

Ide pokok paragraph di atas adalah ….

a. Indonesia menjadi tuan rumah konferensi dunia mengenai masalah pemanasan global.

b. Teologi ramah lingkungan bangsa Indonesia sebagai tuan rumah konferensi dunia mengenai masalah pemanasan global.

c. Sejauh mana kesiapan bangsa Indonesia sebagai penyelenggara konferensi berskala internasional.

d. Dalam masalah pemanahan global sudah sangat mendesak untuk dicari penyelesaiannya.

e. Pemanasan global berkaitan erat dengan pola piker dan tingkat pendidikan suatu masyarakat (Negara).



Rounded Rectangular Callout: Peserta diskusi yang terhormat,  Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Saudara-Saudara pada diskusi hari ini.Terlebih dahulu saya perkenalkan kepada saudara-saudara bahwa penyaji pada diskusi ini adalah saudara Ahmad Basar, Penulis Saudara Signi, dan moderator adalah saya sendiri, Khairul Umam. Untuk mempersingkat waktu, marilah kita mulai diskusinyang bertema Pelajaran Seni sastra memperhalus Budi Bahasa. Untuk itu saudara Ahmad Basar saya persilakan!


21. Bacalah bagian pembuka diskusi berikut!

17an Fatwa 041.jpg

Bagian pembuka di atas disampaikan oleh . . . .

a. Pembawa acara b. Pemdu diskusi c. Penyampai pidato d.Penyaji Materi e. Notulis

22. Frasa untuk mempersingkat waktu, pada kalimat pembuka diskusi di atas dapat diperbaiki dengan frasa. . . .

a. menyingkat waktu b.menghemat waktu c.mengisi waktu

d. memanfaatkan waktu e. mengejar waktu.



Oval Callout: Untuk menjaga kerukunan warga, sebuah kelurahan mengadakan pertemuan yang diisi dengan acara ceramah mengenai kerukunan hidup bertetangga, ceramah ini disampaikan oleh kepala kelurahan kepada warganya.


23.

Kalimat pembuka ceramah yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah . . . .

a. Hadirin yang berbahagia! Pada hari ini berilah kesempatan kepada saya untuk menyampaikan ceramah tentang hidup bertetangga yang baik.

b. Saudara-saudara yang saya hormati, saya ingin mengingatkan lebih dulu sebelum mendengarkan apa yang saya sampaikan untuk berdoa ….

c. Saudara-saudara untuk mempersingkat waktu, baiklah saya mulai isi ceramah saya, harap didengarkan baik-baik.

d. Hadirin yang berbahagia! Pada hari ini saya ingin menyampaikan ceramah mengenai kerukunan hidup bertetangga ….

e. Saudara-saudara sekalian, saya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Anda dalam acara ini.

24. Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita ….

Perbaikan untuk bagian yang bercetak miring tersebut adalah ….

a. Kesempatan yang bergembira

b. Kesempatan yang bersuka

c. Kesempatan yang beria-ria

d. Kesempatan yang bersenang

e. Kesempatan yang membahagiakan

25. Dalam diskusi “Dunia Sastra di Indonesia” yang diselenggarakan oleh OSIS, pembawa acara mempersilahkan Nh. Dini untuk berbicara.

Kalimat yang tepat untuk pembicara tersebut adalah ….

a. Selanjutnya, kepada Ibu Nh. Dini menyampaikan makalahnya, waktu kami persilahkan.

b. Selanjutnya, kita dengarkan riwayat hidup Ibu Nh. Dini yang telah kita kenal dengan hasil karya cerpen dan novelnya yang ternilai sastra cukup tinggi.

c. Marilah kita dengarkan uraian yang akan disampaikan oleh Ibu Nh.Dini. Ibu Nh. Dini saya persilakan.

d. Novel-novel Nh. Dini tidak asing lagi bagi kita, sekarang kami persilahkan kepada Ibu Nh. Dini untuk membacakan makalahnya dengan singkat.

e. Kita dengarkan berikut ini uraian dari Ibu Nh. Dini. Waktu dan tempat kami persilahkan.

SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar: