ADMINISTRASI PENDIDIKAN
MERUPAKAN SALAH SATU CABANG DARI ILMU ADMINISTRASI.
SEBAGAI SALAH SATU CABANG ILMU
ADMINISTRASI, ADMINISTRASI PENDIDIKAN MEMILIKI CIRI-CIRI :
A.MEMILIKI OBJEK : TERDIRI DARI
OBJEK MATERIAL DAN OBJEK FORMAL
B.BERLAKU UMUM : ADMINISTRASI
PENDIDIKAN DITERIMA DI SELURUH DUNIA
C.METODOLOGIS : ADMINISTRASI
DAPAT DIPELAJARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE
D.SISTIMATIS : ILMU ADMINISTRASI
MEMILIKI SISTEMATIKA YANG KHAS
PENGERTIAN
ADMINISTRASI
MUNURUT SONDANG P. SIAGIAN :
ADMINISTRASI ADALAH KESELURUHAN PROSES
KERJASAMA ANTARA DUA ORANG ATAU LEBIH YANG DIDASARKAN ATAS RASIONALITAS
TERTENTU DALAM RANGKA PENCAPAIAN TUJUAN YANG TELAH DITENTUKAN SEBELUMNYA DENGAN
MEMAMFAATKAN SARANA PRASARANA TERTENTU SECARA BERDAYAGUNA DAN BERHASILGUNA.
MENURUT HADARI NAWAWI :
ADMINISTRASI ADALAH RANGKAIAN KEGIATAN ATAU PROSES PENGENDALIAN ACARA ATAU
SISTEM KERJA SAMA SEJUMLAH ORANG, AGAR BERLANGSUNG EFEKTIF DAN EFESIEN DALAM
MEWUJUDKAN TUJUAN BERSAMA.
MENURUT THE LIANG GIE : ADMINISTRASI ADALAH SEGENAP
RANGKAIAN KEGIATAN PENATAAN TERHADAP PEKERJAAN POKOK YANG DILAKUKAN OLEH
SEKELOMPOK ORANG DALAM KERJA SAMA MENCAPAI TUJUAN TERTENTU.
PENGERTIAN
PENDIDIKAN
MENURUT M.J. LENGEVELED :
PENDIDIKAN ADALAH BIMBINGAN ATAU PERTOLONGAN YANG DIBERIKAN OLEH ORANG DEWASA KEPADA
PERKEMBANGAN ANAK UNTUK MENCAPAI KEDEWASAANNYA DENGAN TUJUAN AGAR ANAK CUKUP
CAKAP MELAKSANAKAN TUGAS HIDUPNYA SENDIRI TIDAK DENGAN BANTUAN ORANG LAIN,
DENGAN KATA LAIN MEMBIMBING ANAK MENCAPAI KEDEWASAAN.
MENURUT IVAN ILLC : PENDIDIKAN
ADALAH PENGALAMAN BELAJAR YANG BERLANGSUNG DALAM SEGALA LINGKUNGAN DAN
SEPANJANG HIDUP.
MENURUT DICTIONARY OF EDUCATION
: PENDIDIKAN 1. SEBAGAI PROSES SESEORANG
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN, SIKAP DAN TINGKAH LAKU DALAM MASYARAKAT, 2. PROSES
SOSIAL YANG MENYEDIAKAN LINGKUNGAN YANG TERPILIH DAN TERKONTROL UNTUK
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOCIAL DAN INDIVIDUAL
SECARA OPTIMAL
MENURUT KAMUS BESAR BAHASA
INDONESIA : PENDIDIKAN ADALAH PROSES PENGUBAHAN SIKAP DAN TATA LAKU SESEORANG
ATAU KELOMPOK ORANG DALAM USAHA MENDEWASAKAN MANUSIA MELALUI UPAYA PENGAJARAN
DAN PELATIHAN, PROSES, CARA, PERBUATAN MENDIDIK.
MENURUT UNDANG UNDANG NO. 20
TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, PENDIDIKAN : USAHA SADAR DAN
TERENCANA UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN AGAR PESERTA
DIDIK SECARA AKTIF MENGEMBANGKAN POTENSI DIRINYA UNTUK MEMILIKI KEKUATAN
SPIRITUAL KEAGAMAAN, PENGENDALIAN DIRI, KEPRIBADIAN, KECERDASAN, AKHLAK MULIA
SERTA KETERAMPILAN YANG DIPERLUKAN DIRINYA, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.
PENGERTIAN
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
MENURUT FAYOL : ADMINISTRASI
PENDIDIKAN ADALAH SEGALA USAHA BERSAMA UNTUK
MENDAYAGUNAKAN SEMUA SUMBER (PERSONIL MAUPUN MATERIL) SECARA EFEKTIF DAN
EFISIEN GUNA MENUNJANG TERCAPAINYA TUJUAN PENDIDIKAN. ADMINMISTRASI MERUPAKAN FUNGSI
ORGANISASI YANG TERDIRI TAS UNSUR-UNSUR PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN,
PEMBERIAN PERINTAH, PENGKOORDINASIAN DAN PENGAWASAN.
MENURUT GOOD CARTER :
ADMINISTRASI PENDIDIKAN ADALAH SEGENAP TEHNIK DAN PROSEDUR YANG DIPERGUNAKAN
DALAM PENYELENGGARAAN LEMBAGA PENDIDIKAN SESUAI KEBIJAKAN YANG TELAH
DITENTUKAN.
MENURUT BUKU KURIKULUM YANG DITERBITKAN OLEH DEPARTEMEN P DAN K :
ADMINISTRASI PENDIDIKAN ADALAH SUATU PROSES KESELURUHAN, KEGIATAN BERSAMA DALAM
BIDANG PENDIDIKAN YANG MELIPUTI : PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGARAHAN,
PELAPORAN, PENGKOORDINASIAN, PENGAWSAN, DAN PEMBIAYAAN DENGAN MENGGUNAKAN ATAU
MEMAMFAATKAN FASILITAS YANG TERSEDIA, BAIK PERSONIL, MATERIL, MAUPUN SPIRITUIL,
UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.
BERDASARKAN BEBERAPA
PENGERTIAN TERSEBUT DI ATAS TERKANDUNG DI DALAMNYA :
A.ADANYA MANUSIA LEBIH DARI SATU
ORANG/SEKELOMPOK ORANG
B.ADANYA TUJUAN YANG JELAS, YANG
INGIN DICAPAI
C.ADANYA PEMBAGIAN TUGAS YANG
JELAS
D.ADANYA TINDAKAN EFESIENSI
E.ADANYA TINDAKAN EFEKTIF
F.ADANYA RASIONALITAS
ADMINISTRASI
PENDIDIKAN DAN ADMINISTRASI SEKOLAH
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
KEGIATAN-KEGIATANNYA BERSIFAT UMUM YANG DILAKUKAN OLEH SEMUA LEMBAGA YANG
MENGURUSI MASALAH PENDIDIKAN. ADMINISTRASI PENDIDIKAN KEGIATAN-KEGIATANNYA
BERHUBUNGAN DENGAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SUATU NEGARA ATAU PENDIDIKAN PADA
UMUMNYA. ADMINISTRASI SEKOLAH MERUPAKAN BAGIAN DARI ADMINISTRASI PENDIDIKAN,
ADMINISTRASI SEKOLAH KEGIATAN-KEGIATANNYA TERBATAS PADA PELAKSANAAN PENGELOLAAN
PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
PENGERTIAN MANAJEMEN
DAN MENAJEMEN PENDIDIKAN
PENGERTIAN
MANAJEMEN
MENURUT GEORGR R. TERRY :
MANAJEMEN ADALAH SUATU PROSES YANG TERTENTU TERDIRI DARI TINDAKAN-TINDAKAN
PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGGERAKAN DAN PENGENDALIANYANG DILAKSANAKAN
UNTUK MENENTUKAN SERTA MELAKSANAKAN SASRAN/TUJUAN YANG TELAH DITENTUKAN DENGAN
MENGGUNAKAN SUMBER DAYA DAN SUMBER-SUMBER LAINNYA.
MENURUT PROF. DR. ARIFIN
ABDURACHMAN : MANAJEMEN ADALAH KEGIATAN KEGIATAN UNTUK MENCAPAI SASRAN-SASARAN
DAN TUJUAN POKOK YANG TELAHDITENTUKAN DENGAN MENGGUNAKAN ORANG-ORANG PELAKSANA.
PENGERTIAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN
MENURUT PROF. DR. H. ENGKOSWARA
: MANAJEMEN PENDIDIKAN ADALAH SUATU PENATAAN BIDANG GARAPAN PENDIDIKAN YANG
DILAKUKAN MELALUI AKTIVITAS PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGKOMUNIKASIAN, PEMOTIVASIAN,
PENGANGGARAN, PENGENDALIAN, PENGAWASAN, PENILAIAN DAN PELAPORAN SECARA
SISTEMATIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN SECARA BERKUALITAS.
MENURUT HASTROP : MANAJEMEN
PENDIDIKAN ADALAH UPAYA SESEORANG UNTUK MENGARAHKAN DAN MEMBERI KESEMPATAN KEPADA ORANG LAIN UNTUK MELAKSANAKAN PEKERJAAN
SECARA EFEKTIF DAN MENERIMA PERTANGGUNG JAWABAN UNTUK MENCAPAI PENGUKURAN
HASIL YANG DITETAPKAN. DENGAN DEMIKIAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN LEBIH DITEKANKAN PADA UPAYA SESEORANG PEMIMPIN MENGGERAKAN
DAN PENGELOLA SUMBER DAYA UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN.
TUJUAN MANAJEMEN
PENDIDIKAN
A.PRODUKTIVITAS : PERBANDINGAN
TERBAIK ANTARA HASIL YANG DIPEROLEH (OUTPUT)DENGAN JUMLAH SUMBER YANG DIPERGUNAKAN
(INPUT), ATAU DENGAN KATA LAIN PRODUKTIVITAS ADALAH KELUARAN YANG BANYAK DAN BERMUTU
DARI TIAP-TIAP FUNGSI ATAU PERANAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN.
B.KUALITAS : MENUNJUKAN KEPADA
SUATU UKURAN PENILAIAN ATAU PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN ATAU DIKENAKAN KEPADA
BARANG(PRODUCTS) DAN/ATAU JASA (SERVICES) TERTENTU BERDASARKAN PERTIMBNGAN
OBJEKTIF ATAS BOBOT DAN/ATAU KINERJA. JASA/PELAYANAN ATAU NPRODUK TERSEBUT
HARUS MENYAMAI ATAU MELEBIHI KEBUTUHAN ATAU HARAPAN PELANGGANNYA.
C.EFEKTIVITAS : UKURAN
KEBERHASILAN TUJUAN ORGANISASI, ATAU KESESUAIAN HASIL YANG DICAPAI ORGANISASI
DENGAN TUJUAN (SERGIOVANI).
D.EFESIENSI : LEBIH DITEKANKAN
PADA PERBANDINGAN ANTARA INPUT/SUMBER DAYA DENGAN OUTPUT. SUATU KEGIATAN
DIKATAKAN EFESIEN BILA TUJUAN DAPAT DICAPAI SECARA OPTIMAL DENGAN PENGGUNAAN
ATAU PEMAKAIAN SUMBER DAYA YANG MINIMAL. EFESIENSI PENDIDIKAN TERCERMIN
BAGAIMANA TUJUAN ITU DICAPAI DENGAN MEMILIKI TINGKAT EFESIENSI WAKTU, BIAYA,
TENAGA DAN SARANA.
BIDANG GARAPAN
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
A.BIDANG GARAPAN PESERTA DIDIK
B.BIDANG GARAPAN PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN
C.BIDANG GARAPAN KURIKULUM DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
D.BIDANG GARAPAN SARANA PRASARANA
E.BIDANG GARAPAN
KEUANGAN/PEMBIAYAAN
F.BIDANG GARAPAN PERAN SERTA
MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH,
G.BIDANG GARAPAN BIMBINGAN DAN
PELAYANAN PENDIDIKAN,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar