Senin, 14 November 2011

ADM Pendidikan


ADMINISTRASI PENDIDIKIAN

ADMINISTRASI PENDIDIKAN MERUPAKAN SALAH SATU CABANG DARI ILMU ADMINISTRASI.

SEBAGAI SALAH SATU CABANG ILMU ADMINISTRASI, ADMINISTRASI PENDIDIKAN MEMILIKI CIRI-CIRI :

A.    MEMILIKI OBJEK : TERDIRI DARI OBJEK MATERIAL DAN OBJEK FORMAL

B.    BERLAKU UMUM : ADMINISTRASI PENDIDIKAN DITERIMA DI SELURUH DUNIA

C.     METODOLOGIS : ADMINISTRASI DAPAT DIPELAJARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE

D.    SISTIMATIS : ILMU ADMINISTRASI MEMILIKI SISTEMATIKA YANG KHAS

PENGERTIAN ADMINISTRASI

MUNURUT SONDANG P. SIAGIAN : ADMINISTRASI ADALAH  KESELURUHAN PROSES KERJASAMA ANTARA DUA ORANG ATAU LEBIH YANG DIDASARKAN ATAS RASIONALITAS TERTENTU DALAM RANGKA PENCAPAIAN TUJUAN YANG TELAH DITENTUKAN SEBELUMNYA DENGAN MEMAMFAATKAN SARANA PRASARANA TERTENTU SECARA BERDAYAGUNA DAN BERHASILGUNA.

MENURUT HADARI NAWAWI : ADMINISTRASI ADALAH RANGKAIAN KEGIATAN ATAU PROSES PENGENDALIAN ACARA ATAU SISTEM KERJA SAMA SEJUMLAH ORANG, AGAR BERLANGSUNG EFEKTIF DAN EFESIEN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN BERSAMA.

MENURUT THE  LIANG GIE : ADMINISTRASI ADALAH SEGENAP RANGKAIAN KEGIATAN PENATAAN TERHADAP PEKERJAAN POKOK YANG DILAKUKAN OLEH SEKELOMPOK ORANG DALAM KERJA SAMA MENCAPAI TUJUAN TERTENTU.

PENGERTIAN PENDIDIKAN

MENURUT M.J. LENGEVELED : PENDIDIKAN ADALAH BIMBINGAN ATAU PERTOLONGAN YANG DIBERIKAN OLEH ORANG DEWASA KEPADA PERKEMBANGAN ANAK UNTUK MENCAPAI KEDEWASAANNYA DENGAN TUJUAN AGAR ANAK CUKUP CAKAP MELAKSANAKAN TUGAS HIDUPNYA SENDIRI TIDAK DENGAN BANTUAN ORANG LAIN, DENGAN KATA LAIN MEMBIMBING ANAK MENCAPAI KEDEWASAAN.

MENURUT IVAN ILLC : PENDIDIKAN ADALAH PENGALAMAN BELAJAR YANG BERLANGSUNG DALAM SEGALA LINGKUNGAN DAN SEPANJANG HIDUP.

MENURUT DICTIONARY OF EDUCATION : PENDIDIKAN  1. SEBAGAI PROSES SESEORANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN, SIKAP DAN TINGKAH LAKU DALAM MASYARAKAT, 2. PROSES SOSIAL YANG MENYEDIAKAN LINGKUNGAN YANG TERPILIH DAN TERKONTROL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOCIAL DAN INDIVIDUAL  SECARA OPTIMAL

MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA : PENDIDIKAN ADALAH PROSES PENGUBAHAN SIKAP DAN TATA LAKU SESEORANG ATAU KELOMPOK ORANG DALAM USAHA MENDEWASAKAN MANUSIA MELALUI UPAYA PENGAJARAN DAN PELATIHAN, PROSES, CARA, PERBUATAN MENDIDIK.

MENURUT UNDANG UNDANG NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, PENDIDIKAN : USAHA SADAR DAN TERENCANA UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN AGAR PESERTA DIDIK SECARA AKTIF MENGEMBANGKAN POTENSI DIRINYA UNTUK MEMILIKI KEKUATAN SPIRITUAL KEAGAMAAN, PENGENDALIAN DIRI, KEPRIBADIAN, KECERDASAN, AKHLAK MULIA SERTA KETERAMPILAN YANG DIPERLUKAN DIRINYA, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

PENGERTIAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

MENURUT  FAYOL : ADMINISTRASI PENDIDIKAN ADALAH SEGALA USAHA BERSAMA UNTUK MENDAYAGUNAKAN SEMUA SUMBER (PERSONIL MAUPUN MATERIL) SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN GUNA MENUNJANG TERCAPAINYA TUJUAN PENDIDIKAN. ADMINMISTRASI MERUPAKAN FUNGSI ORGANISASI YANG TERDIRI TAS UNSUR-UNSUR PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PEMBERIAN PERINTAH, PENGKOORDINASIAN DAN PENGAWASAN.

MENURUT GOOD CARTER : ADMINISTRASI PENDIDIKAN ADALAH SEGENAP TEHNIK DAN PROSEDUR YANG DIPERGUNAKAN DALAM PENYELENGGARAAN LEMBAGA PENDIDIKAN SESUAI KEBIJAKAN YANG TELAH DITENTUKAN.

MENURUT BUKU KURIKULUM  YANG DITERBITKAN OLEH DEPARTEMEN P DAN K : ADMINISTRASI PENDIDIKAN ADALAH SUATU PROSES KESELURUHAN, KEGIATAN BERSAMA DALAM BIDANG PENDIDIKAN YANG MELIPUTI : PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGARAHAN, PELAPORAN, PENGKOORDINASIAN, PENGAWSAN, DAN PEMBIAYAAN DENGAN MENGGUNAKAN ATAU MEMAMFAATKAN FASILITAS YANG TERSEDIA, BAIK PERSONIL, MATERIL, MAUPUN SPIRITUIL, UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.

BERDASARKAN BEBERAPA PENGERTIAN TERSEBUT DI ATAS TERKANDUNG DI DALAMNYA :

A.    ADANYA MANUSIA LEBIH DARI SATU ORANG/SEKELOMPOK ORANG

B.    ADANYA TUJUAN YANG JELAS, YANG INGIN DICAPAI

C.     ADANYA PEMBAGIAN TUGAS YANG JELAS

D.    ADANYA TINDAKAN EFESIENSI

E.     ADANYA TINDAKAN EFEKTIF

F.     ADANYA RASIONALITAS

ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN ADMINISTRASI SEKOLAH

ADMINISTRASI PENDIDIKAN KEGIATAN-KEGIATANNYA BERSIFAT UMUM YANG DILAKUKAN OLEH SEMUA LEMBAGA YANG MENGURUSI MASALAH PENDIDIKAN. ADMINISTRASI PENDIDIKAN KEGIATAN-KEGIATANNYA BERHUBUNGAN DENGAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SUATU NEGARA ATAU PENDIDIKAN PADA UMUMNYA. ADMINISTRASI SEKOLAH MERUPAKAN BAGIAN DARI ADMINISTRASI PENDIDIKAN, ADMINISTRASI SEKOLAH KEGIATAN-KEGIATANNYA TERBATAS PADA PELAKSANAAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH.

PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MENAJEMEN PENDIDIKAN

PENGERTIAN MANAJEMEN

MENURUT GEORGR R. TERRY : MANAJEMEN ADALAH SUATU PROSES YANG TERTENTU TERDIRI DARI TINDAKAN-TINDAKAN PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGGERAKAN DAN PENGENDALIANYANG DILAKSANAKAN UNTUK MENENTUKAN SERTA MELAKSANAKAN SASRAN/TUJUAN YANG TELAH DITENTUKAN DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER DAYA DAN SUMBER-SUMBER LAINNYA.

MENURUT PROF. DR. ARIFIN ABDURACHMAN : MANAJEMEN ADALAH KEGIATAN KEGIATAN UNTUK MENCAPAI SASRAN-SASARAN DAN TUJUAN POKOK YANG TELAHDITENTUKAN DENGAN MENGGUNAKAN ORANG-ORANG PELAKSANA.


PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

MENURUT PROF. DR. H. ENGKOSWARA : MANAJEMEN PENDIDIKAN ADALAH SUATU PENATAAN BIDANG GARAPAN PENDIDIKAN YANG DILAKUKAN MELALUI AKTIVITAS PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGKOMUNIKASIAN, PEMOTIVASIAN, PENGANGGARAN, PENGENDALIAN, PENGAWASAN, PENILAIAN DAN PELAPORAN SECARA SISTEMATIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN SECARA BERKUALITAS.

MENURUT HASTROP : MANAJEMEN PENDIDIKAN ADALAH UPAYA SESEORANG UNTUK MENGARAHKAN DAN MEMBERI KESEMPATAN  KEPADA ORANG LAIN UNTUK MELAKSANAKAN PEKERJAAN SECARA EFEKTIF DAN MENERIMA PERTANGGUNG JAWABAN UNTUK MENCAPAI PENGUKURAN HASIL  YANG DITETAPKAN. DENGAN DEMIKIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN LEBIH DITEKANKAN PADA UPAYA SESEORANG PEMIMPIN MENGGERAKAN DAN PENGELOLA SUMBER DAYA UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN.

TUJUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

A.    PRODUKTIVITAS : PERBANDINGAN TERBAIK ANTARA HASIL YANG DIPEROLEH (OUTPUT)DENGAN JUMLAH SUMBER YANG DIPERGUNAKAN (INPUT), ATAU DENGAN KATA LAIN PRODUKTIVITAS ADALAH KELUARAN YANG BANYAK DAN BERMUTU DARI TIAP-TIAP FUNGSI ATAU PERANAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN.

B.    KUALITAS : MENUNJUKAN KEPADA SUATU UKURAN PENILAIAN ATAU PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN ATAU DIKENAKAN KEPADA BARANG(PRODUCTS) DAN/ATAU JASA (SERVICES) TERTENTU BERDASARKAN PERTIMBNGAN OBJEKTIF ATAS BOBOT DAN/ATAU KINERJA. JASA/PELAYANAN ATAU NPRODUK TERSEBUT HARUS MENYAMAI ATAU MELEBIHI KEBUTUHAN ATAU HARAPAN PELANGGANNYA.

C.     EFEKTIVITAS : UKURAN KEBERHASILAN TUJUAN ORGANISASI, ATAU KESESUAIAN HASIL YANG DICAPAI ORGANISASI DENGAN TUJUAN (SERGIOVANI).

D.    EFESIENSI : LEBIH DITEKANKAN PADA PERBANDINGAN ANTARA INPUT/SUMBER DAYA DENGAN OUTPUT. SUATU KEGIATAN DIKATAKAN EFESIEN BILA TUJUAN DAPAT DICAPAI SECARA OPTIMAL DENGAN PENGGUNAAN ATAU PEMAKAIAN SUMBER DAYA YANG MINIMAL. EFESIENSI PENDIDIKAN TERCERMIN BAGAIMANA TUJUAN ITU DICAPAI DENGAN MEMILIKI TINGKAT EFESIENSI WAKTU, BIAYA, TENAGA DAN SARANA.

                      

BIDANG GARAPAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

A.    BIDANG GARAPAN PESERTA DIDIK

B.    BIDANG GARAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

C.     BIDANG GARAPAN KURIKULUM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

D.    BIDANG GARAPAN SARANA PRASARANA

E.     BIDANG GARAPAN KEUANGAN/PEMBIAYAAN

F.     BIDANG GARAPAN PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH,

G.    BIDANG GARAPAN BIMBINGAN DAN PELAYANAN PENDIDIKAN,

H.   BIDANG GARAPAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH.


Tidak ada komentar: