Senin, 14 November 2011

Manajemen Pendidikan

MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENGERTIAN MANAJEMEN

MANAJEMEN MERUPAKAN SUATU PROSES YANG TERDIRI DARI PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGGERAKAN, PENGAWASAN/PENGENDALIAN DENGAN MENDAYAGUNAKAN ORANG DAN SUMBER DAYA LAINNYA UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI SECARA EFEKTIF DAN EFESIEN.

1.     MANAJEMEN SEBAGAI SUATU KEMAMPUAN /KEAHLIAN, MANAJEMEN SEBAGAI SUATU ROFESI,

2.     MANAJEMEN SEBAGAI PROSES : MENENTUKAN LANGKAH-LANGKAH SISTEMATIS DAN TERPADU,

3.     MANAJEMEN SEBAGAI SENI : TERCERMIN DARI GAYA/STYLE SESEORANG DALAM MAMENAG.

PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

MANAJEMEN PENDIDIKAN : SUATU PENATAAN BIDANG GARAPAN PENDIDIKAN YANG DILAKUKAN MELALUI AKTIVITAS PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENYUSUNAN STAF, PEMBINAAN, PENGKOORDINASIAN, PENGKOMUNIKASIAN, PEMOTIVASIAN,  PENGANGGARAN, PENGENDALIAN, PENGAWASAN, PENILAIAN DAN PELAPORAN SECARA SISTEMATIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG BERKUALIAS.


MANAJEMEN SEKOLAH DAN KEPALA SEKOLAH

PENGERTIAN MANAJEMEN SEKOLAH

MANAJEMEN SEKOLAH  ADALAH PROSEDUR ATAU PROSES PENCAPAIAN HASIL TERTENTU DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER DAYA YANG TERSEDIA SECARA PRODUKTIF.

PENGERTIAN KEPALA SEKOLAH

KEPALA SEKOLAH ADALAH ORANG YANG DIANGKAT OLEH PIHAK YANG BERWENANG UNTUK MENGELOLA SUATU SEKOLAH.

SESEORANG DIANGKAT SEBAGAI KEPALA SEKOLAH BERARTI SUDAH TERIKAT OLEH SUATU KONTRAK, YANG DIKENAL DENGAN KONTRAK KINERJA.

KINERJA SEKOLAH ADALAH PRESTASI SEKOLAH YANG DIHASILKAN DARI PROSES/PRILAKU SEKOLAH.

KINERJA SEKOLAH DAPAT DIUKUR DARI : KUALITAS, EFEKTIVITAS, PRODUKTIVITAS, EFISIENSI, INOVASI, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN MORAL KERJA.

KEPALA SEKOLAH DAN SISTEM KERJA

TANGGUNG JAWAB UTAMA KEPALA SEKOLAH ANTARA LAIN MENCAPAI HASIL SEBAIK MUNGKIN  DENGAN MENGKOORDINASIKAN SISTEM KERJA SATUAN PENDIDIKANNYA SECARA PRODUKTIF.

GAMBARAN SISTEM KERJA


BALIKAN FORMATIF
BALIKAN MOTIVATIF
 
HASIL
 
PROSES
 
KONDISI
 

KONDISI : SEMUA MASUKAN YANG DIPERLUKAN SEBAGAI KONDISI DALAM PROSES.

PROSES : SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN UNTUK MENCAPAI HASIL.

HASIL : ADALAH KELUARAN, SEGALA SESUATU YANG DIHASILKAN DARI PROSES KERJA. HASIL SEKOLAH ADALAH LULUSAN SEKOLAH (PESERTA DIDIK).

BALIKAN FORMATIF : INFORMASI YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMENGARUHI KUALITAS HASIL/KELUARAN. BALIKAN INI MENGHARUSKAN ADANYA PERUBAHAN DALAM CARA MENGHASAILKAN PERUBAHAN TERTENTU.

BALIKAN MOTIVASI : INFORMASI YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMENGARUHI KUANTITAS HASIL/KELUARAN. INFORMASI INI MENDORONG UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN ATAU BEKERJA LEBIH GIAT.

TUGAS KEPALA SEKOLAH

a.     MENJABARKAN VISI KE DALAM MISI DAN TARGET MUTU,

b.     MERUMUSKAN TUJUAN DAN TARGET MUTU YANG AKAN DICAPAI,

c.      MENGANALISIS TANTANGAN, PELUANG, KEKUATAN DAN KELEMAHAN SEKOLAH,

d.     MEMBUAT RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA KERJA TAHUNAN UNTUK MELAKSANAKAN PENINGKATAN MUTU,

e.     MENGAMBIL KEPUITUSAN ANGGARAN SEKOLAH YANG MELIBATKAN GURU DAN KOMITE SEKOLAH,

f.       MEMBANGUN DAN MEMELIHARA LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF,

g.     MENYUSUN STRUKTUR ORGANISASI YANG EFEKTIF,

h.     MENJALIN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF,

i.       MEMBINA HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN WARGA SEKOLAH DAN BIROKRASI PENDIDIKAN,

j.       MENJAGA DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN,

k.     MENGEMBANGKAN, MELAKSANAKAN DAN MENGEVALUASI KUROKULUM TINGKAT SATUAN PELAJARAN,

l.       MERUMUSKAN DAN MELAKSANAKAN PROGRAM SUPERVISI DAN MEMAMFAATKAN HASILNYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH,

m.   MEMOBILISASI DAN MENGELOLA SUMBER DAYA,

n.    MEMELIHARA  SARANA PRASARANA SEKOLAH,

o.     MENYIMPAN DAN MEMUTAHIRKAN DOKUMEN DAN INFORMASI SEKOLAH.

BEBERAPA PERMASALAHAN/KENDALA YANG DIHADAPI KEPALA SEKOLAH  DALAM MEWUJUDKAN KINERJA SEKOLAH YANG BAIK

a.     LANGKA DAN RENDAHNYA MUTU SUMBER DAYA,

b.     GURU DAN STAF YANG TIDAK CAKAP,

c.      TIDAK ADANYA RENCANA STRATEGIS,

d.     TIDAK ADANYA PERENCANAAN KARIER YANG BAIK BAGI KEPALA SEKOLAH,  

e.     JUMLAH PESERTA DIDIK YANG TERLALU BANYAK,

f.       KURANGNYA DUKUNGAN KEBIJAKAN PEMERINTAH,

g.     KURANGAN DUKUNGAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DAN MASYARAKAT,

h.     LEMAHNYA KOMUNIKASI,

i.       KONDISI PELAYANAN YANG SULIT, LAMBANNYA PERUBAHAN DALAM SISYEM,

j.       NORMA DAN NILAI BUDAYA YANG BERBEDA.

BEBERAPA HAL YANG DAPAT ANDA LAKUKAN DALAM MENGATASI MASALAH

a.     BERSIKAP POSITIF

b.     KREATIF DAN INOVATIF

c.      MEMBANGUN SEMANGAT KERJA MELALUI KETERLIBATAN SEMUA STAF,

d.     BERPIKIR DAN BERTINDAK SECARA REALISTIK,

e.     MENERIMA PENINGKATAN SEBAGAI FALSAFAH,

f.       DAPAT MEMAMFAATKAN PELUANG YANG ADA,

g.     MEMANDANG SEMUA STAKEHOLDER SEBAGAI MITRA.

Tidak ada komentar: