PROPOSAL TESIS
PERAN
PERHATIAN ORANGTUA DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA
INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
NEGERI 83 JAKARTA
Add caption |
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI YAPPANN
JAKARTA, 2011
Lampiran 1. Instrumen Pengumpulan Data
PENGANTAR
Angket ini disebarkan
untuk memperoleh data penelitian yang digakan untuk penyusunan tesis Magister
Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Pendidikan STIA YAPPANN.
Anda para responden
di sekolah ini terpilih sebagai sampel penelitian. Karena itu kami mohon
partisipasi Anda untuk mengisi angket ini dengan sebebenarnya sehingga
dihasilkan data yang valid. Hanya data berupa skor terhadap jawaban Anda yang
akan diolah dalam penelitian, sedangkan informasi mengenai diri Anda maupun
sekolah Anda dijamin kerahasiaannya dan tidak akan diungkapkan dalam laporan
penelitian.
Atas partisipasi Anda
mengisi angket ini kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Demikian
juga atas izin dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru Kelas kepada
kami untuk mengambil sampel responden
dari sekolah ini, kami ucapkan terima kasih banyak.
Jakarta, Nopember 2011
PENULIS,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................ 1
A. Latar Belakang Masalah......................................................................... 1
B. Identifikasi
Masalah................................................................................. 4
C. Pembatasan
Masalah.............................................................................. 6
D. Perumusan
Masalah............................................................................... 6
E. Kegunaan
Penelitian.............................................................................. 7
BAB II DESKRIPSI
TEORI, KERANGKA BERPIKIR,
DAN
HIPOTESIS PENELITIAN................................................................... 8
A. Deskripsi
Teori.......................................................................................... 8
1. Prestasi Belajar................................................................................... 8
2. Kedisiplinan Guru............................................................................ 14
3. Perhatian Orangtua......................................................................... 30
B. Penelitian yang Relevan...................................................................... 41
C. Kerangka Berpikir.................................................................................. 43
1. Hubungan Kedisiplinan Guru dengan Prestasi
Belajar Siswa 43
2. Hubungan Perhatian Orangtua dengan Prestasi
Belajar
Siswa.................................................................................... 44
3. Hubungan Kedisiplinan Guru dan Perhatian
Orangtua
Prestasi Belajar Siswa................................................... 45
B. Hipotesis Penelitian.............................................................................. 46
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN...................................................................... 47
A. Tujuan
Penelitian.................................................................................. 47
B. Tempat
dan Waktu Penelitian ............................................................ 47
C. Metode
Penelitian.................................................................................. 47
D. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel...................................... 48
E. Teknik
Pengumpulan Data.................................................................. 51
1. Tes Prestasi Belajar Siswa............................................................. 51
2. Angket Kedisiplinan Guru.............................................................. 54
3. Angket Perhatian Orangtua........................................................... 58
F. Teknik
Analisis Data.............................................................................. 60
G. Hipotesis
Statistik................................................................................... 61
DAFTAR
KEPUSTAKAAN
LAMPIRAN
INSTRUMEN ANGKET KEDISIPLINAN GURU
Petunjuk Pengisian
1. Pernyataan berikut menggambarkan perilaku guru kelasmu
dalam mengelola kedisiplinan belajar di kelasmu. Nyatakanlah seberapa sering
perilaku tersebut dilakukan gurumu, dengan menyilangi SL untuk Selalu, S
Sering, J untuk Jarang, JS -= Jarang Sekali, TP untuk Tidak Pernah.
2. Pengisian angket tidak akan mempengaruhi penilaan
terhadap dirimu dan gurumu, dan apapun jawabanmu tidak akan diketahui oleh
orang lain. Oleh karena itu isilah sesuai dengan penialaianmu sendiri, tanpa
terpengaruh oleh penilaian orang lain.
3. Terima kasih telah mengisi angket.
NO
|
PERNYATAAN
|
SL
|
S
|
J
|
JS
|
TP
|
1.
|
Gurumu ramah
terhadap dirimu
|
|
|
|
|
|
2.
|
Gurumu menilaimu
sebagai anak yang baik
|
|
|
|
|
|
3.
|
Gurumu percaya kamu bisa mengatur diri sendiri
|
|
|
|
|
|
4.
|
Gurumu
mulai mengajar setelah murid-murid tenang
|
|
|
|
|
|
5.
|
Gurumu mengabsen sebelum mulai mengajar
|
|
|
|
|
|
6.
|
Gurumu mengajar
tepat waktu
|
|
|
|
|
|
7.
|
Gurumu mengubah
tata tertib kelas yang memberatkan siswa
|
|
|
|
|
|
8.
|
Gurumu
menegur kalau kamu melakukan kesalahan
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kamu
melaporkan temanmu yang melanggar tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
10.
|
Gurumu
menjelaskan tujuan dari setiap tata tertib belajar di kelas
|
|
|
|
|
|
11.
|
Tata tertib kelas
tidak membebani dirimu
|
|
|
|
|
|
12.
|
Guru
hadir mengajar tepat waktu
|
|
|
|
|
|
13.
|
Gurumu memujimu
jika kamu tertib
|
|
|
|
|
|
14.
|
Gurumu memuji kelas
yang tertib
|
|
|
|
|
|
15.
|
Tegoran gurumu
mudah dimengerti
|
|
|
|
|
|
16.
|
Gurumu menjelaskan
akibat buruk menyontek saat ulangan
|
|
|
|
|
|
17.
|
Gurumu
membiarkan celetukan murid saat belajar
|
|
|
|
|
|
18.
|
Gurumu
memberikan bimbingan kepala anak yang bermasalah
|
|
|
|
|
|
19.
|
Gurumu
tidak menakut-nakuti murid dengan hukuman
|
|
|
|
|
|
20.
|
Nasehat gurumu
menyenangkan hati
|
|
|
|
|
|
21.
|
Gurumu
memanggil murid yang bermasalah
|
|
|
|
|
|
22.
|
Gurumu
memberi peringatan kepada murid yang melanggar tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
23.
|
Guru
lain membantu gurumu mengatasi murid yang tak bisa diatasi
|
|
|
|
|
|
24.
|
Gurumu minta
bantuan kepala sekolah mengatasi murid yang tak bisa diatasinya
|
|
|
|
|
|
25.
|
Guru
tidak senang pada dirimu
|
|
|
|
|
|
26.
|
Gurumu mencapmu
sebagai anak nakal
|
|
|
|
|
|
27.
|
Perintah
gurumu tidak kamu laksanakan
|
|
|
|
|
|
28.
|
Gurumu
tetap mengajar walaupun siswa ribut
|
|
|
|
|
|
29.
|
Gurumu
tidak menegur jika kamu bolos
|
|
|
|
|
|
30.
|
Gurumu
keluar masuk kelas sewaktu mengajar
|
|
|
|
|
|
31.
|
Guru
melaksanakan aturan walaupun memberatkan siswa
|
|
|
|
|
|
32.
|
Gurumu membiarkanmu
melakukan kesalahan
|
|
|
|
|
|
33.
|
Kamu membiarkan
temanmu melanggar tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
34.
|
Gurumu tidak
menjelaskan tujuan tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
35.
|
Kamu
tidak senang dengan tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
36.
|
Guru
mengajar tidak sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
37.
|
Gurumu
membiarkan anak yang melanggar tata tertib kelas
|
|
|
|
|
|
38.
|
Gurumu
membiarkan kelas yang gaduh saat belajar
|
|
|
|
|
|
39.
|
Tegoran gurumu
melantur kemana-mana
|
|
|
|
|
|
40.
|
Gurumu
tidak menjelaskan akibat dari membolos
|
|
|
|
|
|
41.
|
Gurumu
marah jika dicandai murid saat belajar
|
|
|
|
|
|
42.
|
Gurumu
membiarkan murid yang bermasalah
|
|
|
|
|
|
43.
|
Gurumu menakut-nakuti
murid dengan hukuman
|
|
|
|
|
|
44.
|
Nasehat gurumu
menyakitkan hati
|
|
|
|
|
|
45.
|
Gurumu
membiarkan murid berbuat kesalahan
|
|
|
|
|
|
46.
|
Gurumu
langsung menghukum murid tanpa melalui peringatan terlebih dahulu
|
|
|
|
|
|
47.
|
Gurumu
tidak bekerjasama dengan guru lain mengatasi murid yang tak bisa diatasi
|
|
|
|
|
|
48.
|
Gurumu membiarkan
murid yang tidak bisa diatasinya sendiri
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
ANGKET PERHATIAN ORANGTUA
Petunjuk Pengisian
1. Pernyataan
berikut menggambarkan perilaku orangtuamu dalam memperhatikan pendidikanmu. Nyatakanlah,
dengan menyilangi SL untuk Selalu, S Sering, J untuk Jarang, JS = Jarang
Sekali, TP untuk Tidak Pernah.
2. Pengisian
angket tidak akan mempengaruhi penilaan terhadap diri dan orangtuamu, dan
apapun jawabanmu tidak akan diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu isilah
sesuai dengan penilaianmu sendiri, tanpa terpengaruh oleh penilaian orang lain.
3. Terima kasih kamu telah mengisi angket.
NO
|
PERNYATAAN
|
SL
|
S
|
J
|
JS
|
TP
|
1.
|
Orangtuamu berupaya
menyediakan segala peralatan belajarmu
|
|
|
|
|
|
2.
|
Orangtuamu
membantumu menyelesaikan pekerjaan rumahmu
|
|
|
|
|
|
3.
|
Orangtuamu membahas masalah-masalahmu dalam belajar
|
|
|
|
|
|
4.
|
Orangtuamu membahas masalah belajarmu dengan gurumu
|
|
|
|
|
|
5.
|
Orangtuamu menghadiri acara-acaramu di sekolah
|
|
|
|
|
|
6.
|
Orangtuamu berupaya menjadikan rumahmu nyaman bagimu untuk belajar
|
|
|
|
|
|
7.
|
Orangtuamu
mengetahui teman-temanmu
|
|
|
|
|
|
8.
|
Orangtuamu
berusaha membina hubungan dengan sekolah
|
|
|
|
|
|
9.
|
Orangtuamu ikut
dalam organisasi orangtua murid
|
|
|
|
|
|
10.
|
Orangtuamu berusaha
melengkapi buku pelajaranmu
|
|
|
|
|
|
11.
|
Orangtuamu
menjelaskan pekerjaan rumah yang tidak kamu pahami
|
|
|
|
|
|
12.
|
Orangtuamu
menanyakan masalah-masalah yang kamu hadapi dalam belajar
|
|
|
|
|
|
13.
|
Orangtuamu bertanya
pada gurumu tentang masalah yang kamu hadapi dalam belajar di sekolah
|
|
|
|
|
|
14.
|
Orangtuamu turut
hadir jika kamu tampil dalam acara-acara di sekolah
|
|
|
|
|
|
15.
|
Suasana di rumah
membuatmu asyik belajar
|
|
|
|
|
|
16.
|
Kamu
dilarang orangtuamu bergaul dengan sembarang anak
|
|
|
|
|
|
17.
|
Orangtuamu
hadir jika diundang ke sekolah
|
|
|
|
|
|
18.
|
Orangtuamu ikut dalam rapat orangtua murid
|
|
|
|
|
|
19.
|
Alat-alat
tulismu tersedia lengkap
|
|
|
|
|
|
20.
|
Orangtuamu
memeriksa pekerjaan rumahmu
|
|
|
|
|
|
21.
|
Orangtuamu ingin
tahu apa yang kamu lakukan disekolah
|
|
|
|
|
|
22.
|
Orangtuamu
menghubungi guru jika ada masalah menyangkut dirimu di sekolah
|
|
|
|
|
|
23.
|
Orangtuamu suka
menyaksikan kamu tampil dalam acara-acara sekolah
|
|
|
|
|
|
24.
|
Orangtuamu tidak
mau menyuruhmu pekerjaan lain jika kamu sedang belajar dirumah
|
|
|
|
|
|
25.
|
Orangtuamu ingin
tahu dengan siapa kamu bermain di luar rumah
|
|
|
|
|
|
26.
|
Orangtuamu mudah
dihubungi sekolah jika ada keperluan
|
|
|
|
|
|
27.
|
Orangtuamu aktif
dalam kegiatan-kegiatan orangtua murid
|
|
|
|
|
|
28.
|
Orangtuamu acuh tak
acuh dengan keperluan alat belajarmu
|
|
|
|
|
|
29.
|
Orangtuamu tidak
mau terganggu dengan urusan pekerjaan rumahmu
|
|
|
|
|
|
30.
|
Orangtuamu tidak
mau tahu dengan urusan belajarmu
|
|
|
|
|
|
31.
|
Orangtuamu enggan
membahas masalah belajarmu dengan guru
|
|
|
|
|
|
32.
|
Orangtuamu tidak
sempat menghadiri acara-acaramu di sekolah
|
|
|
|
|
|
33.
|
Kamu terlalu sibuk
membantu orangtuamu sehingga tidak sempat belajar di rumah
|
|
|
|
|
|
34.
|
Orangtuamu
tidak peduli dengan siapa kamu berteman
|
|
|
|
|
|
35.
|
Orangtuamu
keberatan dimintai bantuan sumbangan pendidikan oleh pihak sekolah
|
|
|
|
|
|
36.
|
Orangtuamu enggan
menghadiri rapat-rapat orangtua murid
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PRESTASI BELAJAR BAHASA
INDONESIA
PETUNJUK :
Lingkari
jawaban yang paling kamu anggap benar.
- Setelah kalian mendengarkan laporan pengamatan atau
perjalanan, banyak hal kalian ketahui, Kini pengetahuan kalian bertambah
lagi.
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah....
- tanda baca koma (,) ditulis sesudah kata setelah
- antara kata perjalanan
dengan kata banyak dipisahkan
tanda baca titik (.)
- antara kata ketahui
dan kata Kini seharusnya ada
tanda baca titik (.)
- semua tanda baca pada paragraf tersebut diganti
titik (.)
- Strategi yang ditempuh untuk mengatasi kemiskinan
ialah mengintegrasi 2 program. Kedua program tersebut yaitu : Program
Pengembangan Kecamatan (PPK) dan Program Penanggulangan Kemiskinan di
Perkotaan (P2KP) menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah....
- strategi mengatasi kemiskinan
- program pemerintah mengatasi kemiskinan
- program Menkokesra
- Program PPK dan P2KP
- Makna kata program
pada paragraf tersebut adalah....
- urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk
membuat fungsi atau tugas tertentu
- rancangan mengenai asas serta usaha
- serangkaian instruksi yang mengatur langkah-langkah
yang harus diambil oleh suatu sistem
- rencana untuk melakukan suatu kegiatan yang telah
ditempuh
- Strategi apa yang dijalankan pemerintah untuk
mengatasi kemiskinan?
- mengintegrasikan dua program
- memasyarakatkan kesejahteraan
- mengumumkan perekonomian
- merencanakan program
- Alternatif
Tarif Busway
Tarif
|
Subsidi
|
Rp 3.500,00
Rp 4.000,00
Rp 4.500,00
Rp 5.000,00
Rp 5.500,00
|
Rp 258 milyar
Rp 246 milyar
Rp 234 milyar
Rp 222 milyar
Rp 210 milyar
|
Berapakah
alternatif tarif Busway, jika pemerintah menghendaki subsidi paling kecil?
a. Rp 3.500,00 b. Rp 4.000,00
c.Rp 4.500,00 d.Rp 5.500,00
- Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah….
- setiap
alternatif tarif busway naik Rp 500,00 maka subsidi yang dikeluarkan
pemerintah naik Rp 12 miliar
- setiap
alternatif tarif busway naik Rp 500,00 maka subsidi juga naik menjadi Rp
222 miliar
- Tarif
alternatif busway yang paling tepat adalah Rp 5.000,00 karena subsidi
pemerintah hanya Rp 222 miliar
- Alternatif
busway tertinggi adalah Rp 5.500,00 apabila subsidi yang diinginkan juga
tinggi
- Sebuah
situs internet bernama karangsemproperty.com memasang iklan penjualan dua
pulau di Nusa Tenggara Barat. Dua pulau itu adalah Pulau Panjang seluas 33 hektar dan pulau
meriam besar seluas 5 hektar.
Perbaikan
penulisan huruf dalam paragraf tersebut adalah....
- k dan c pada karangsemproperty.com harusnya
berhuruf kapital
- p pada pulau di Nusa Tenggara Barat harusnya huruf
kapital
- p, m, dan b pada kata kata pulau meriam besar
seharusnya huruf kapital
- h pada kata hektar harusnya huruf kapital
- ....
Teruslah
o. Teratai bahagia
Berseri
di kebun Indonesia
Biar
sedikit penjaga taman
......
Isi
puisi tersebut adalah....
a. mengharapkan bunga teratai agar tidak layu
b. agar bangsa Indonesia menjaga taman
c. kebun yang tumbuh subur bagaikan taman yang indah
d. mengharapkan sesuatu untuk dipertahankan
- Tirani adalah pikiran
Yang
dipindahkan ke dalam slogan
Yang menguntai
pikiran
Kata
yang berima dari bait puisi tersebut adalah....
a.
tirani – pikiran b.
tirani – slogan c.
pikiran – slogan d. yang – pikiran
- Eto`o sebagai striker Barcelona dianggap sebagai
salah satu penyerang yang paling berbahaya saat ini. Ungkapan Fabregas itu
dilandasi rasa kagumnya atas Eto`o dalam mengolah si kulit bundar itu di
lapangan. Kritikan
terhadap isi paragraf tersebut adalah....
- Ia memang penyerang paling berbahaya saat ini
- Sebaiknya tidak berlebihan jika menilai seseorang
- Kekaguman seseorang yang berlebihan terhadap
idolanya
- Striker paling berbahaya dalam mengolah si kulit
bundar
- (1) Cuaca kota Bandung sangat dingin. (2) Kali ini
dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di
Bandung mencapai 24 C. (4) Data tingkat suhu udara ini terdapat di papan
informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bandung.
Kalimat
yang berupa pendapat pada paragraf diatas terdapat pada....
a. (1)
dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4)
- Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh
virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran nafas
lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit
tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar
lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang
diberi perasan air jeruk lemon dan madu.
Simpulan
paragraf tersebut yang tepat adalah....
- Penyakit tenggorokan disebabkan oleh virus
- Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung
tersumbat
- Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit
tenggorokan
- Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air
perasan jeruk lemon
- Kutipan I
Pukul lima, selagi masih buta, kentongan membangunkan
para kuli dari tidurnya yang berat terlena. Mereka bangun sambil menggeliat, dan
menggaruk diri. Nyamuk dan kutu busuk sepanjang malam menggigit dan menyengat
mereka.
Kutipan II
”Apa salahku, apa salahku, mengapa kau katakan, aku tidak
suka makan gulai seenak itu? Supaya aku tidak makan dan kamu yang akan
menghabiskannya,” kataku kesal.
Perbedaan
karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah....
|
Kutipan I
|
Kutipan II
|
a.
|
Tokoh
yang terlihat banyak
|
Tokoh
yang terlihat dua
|
b.
|
Sudut
pandang diaan
|
Sudut
pandang akuan
|
c.
|
Latar
tidak jelas
|
Latar
jelas
|
d.
|
Amanat
jelas
|
Amanat
tidak jelas
|
- ....
Apa
yang harus kulakukan? Pikirnya. Tepat ketika itu ia ingat, seseorang pernah
berkata, kalau menemukan uang, kita harus menyerahkannya pada polisi. Tapi di
kereta tidak ada polisi. Jadi, bagaimana? Tiba-tiba pintu ruang kondektur terbuka.
Kondektur masuk ke gerbong tempat Totto-Chan berdiri. Totto-Chan tidak tahu apa
yang mendorongnya bertindak ; ia menginjak uang logam lima sen itu dengan kaki
kanannya. Karena mengenali Totto-Chan, kondektur tersenyum kepadanya. Tapi
Totto-Chan tak dapat membalas senyum pria itu dengan sepenuh hati. Ia merasa
bersalah gara-gara uang lima sen yang ditutupinya.
Sikap
totto-Chan yang patut ditiru dalam kehidupan sehari-hari adalah....
a. merasa bersalah telah melakukan hal yang tidak baik
b. tidak mau menyerahkan uang yang ditemukan
c. berusaha menyembunyikan jika menemukan sesuatu
d. menganggap barang yang ditemukan sebagai milik pribadi
- Bukti watak
kondektur ramah pada kutipan cerita di atas adalah....
a.
marah b. menyapa c. tertawa d.
tersenyum
- Konflik yang dihadapi tokoh pada kutipan cerita
terjemahan tersebut adalah....
a.
membalas senyuman b.
perbedaan keinginan
c.
menemukan uang d.
naik kereta api
- Latar tempat dalam kutipan cerita terjemahan dia ats
adalah....
a. di
stasiun kereta api b.
di sekolah
c. di
dalam kereta api d.
di rumah
Rumah
terlihat sepi ketika Rama pulang dari sekolah. Kakak terbaring di kamarnya.
Rama :
Assalamualaikum. Rama pulang. Kakak di mana ?
Kakak : (suara
pelan) di kamar, Ram. Huk...huk....(batuk)
Rama : Kakak
kenapa? (nada sedikit khawatir) Rama
ambilkan air ya.
Kakak :
Kakak sedang flu dan demam. Tolong ambilkan obat di kotak obat, Ya.
Rama : Baik, kak. (bergegas mengambil obat)
- Suasana yang tergambar dalam kutipan drama di atas
adalah....
a. tegang b. Sedih c.
Gembira d. santai
- Latar kutipan drama tersebut terjadi di....
a.
kamar b. Dapur c. Halaman d. rumah
- Nilai agama yang dapat diteladani dari kutipan drama
di atas adalah....
- mengambilkan air bagi orang lain
- mengucapkan salam sebelum masuk
- menyapa pada saat pulang
- harus khawatir pada kakak kandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar