Senin, 14 November 2011

kuesioner


PROPOSAL TESIS






Logo Yapanbw
Add caption



MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI YAPPANN
JAKARTA, 2011

Lampiran 1. Instrumen Pengumpulan Data

PENGANTAR
Angket ini disebarkan untuk memperoleh data penelitian yang digakan untuk penyusunan tesis Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Pendidikan STIA YAPPANN.
Anda para responden di sekolah ini terpilih sebagai sampel penelitian. Karena itu kami mohon partisipasi Anda untuk mengisi angket ini dengan sebebenarnya sehingga dihasilkan data yang valid. Hanya data berupa skor terhadap jawaban Anda yang akan diolah dalam penelitian, sedangkan informasi mengenai diri Anda maupun sekolah Anda dijamin kerahasiaannya dan tidak akan diungkapkan dalam laporan penelitian.
Atas partisipasi Anda mengisi angket ini kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Demikian juga atas izin dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru Kelas kepada kami untuk mengambil sampel responden  dari sekolah ini, kami ucapkan terima kasih banyak.


Jakarta,  Nopember  2011
PENULIS,


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 

BAB I        PENDAHULUAN............................................................................................ 1
                  A.  Latar Belakang Masalah......................................................................... 1
B.   Identifikasi Masalah................................................................................. 4
C.   Pembatasan Masalah.............................................................................. 6
D.   Perumusan Masalah............................................................................... 6
E.   Kegunaan Penelitian.............................................................................. 7

BAB II       DESKRIPSI TEORI, KERANGKA BERPIKIR,
                  DAN HIPOTESIS PENELITIAN................................................................... 8
A.   Deskripsi Teori.......................................................................................... 8
1.   Prestasi Belajar................................................................................... 8
2.   Kedisiplinan Guru............................................................................ 14
3.   Perhatian Orangtua......................................................................... 30
                  B.  Penelitian yang Relevan...................................................................... 41
                  C. Kerangka Berpikir.................................................................................. 43
      1.   Hubungan Kedisiplinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa                43       
      2.   Hubungan Perhatian Orangtua dengan Prestasi
            Belajar Siswa.................................................................................... 44
      3.   Hubungan Kedisiplinan Guru dan Perhatian
            Orangtua Prestasi Belajar Siswa................................................... 45
                  B.  Hipotesis Penelitian.............................................................................. 46

BAB III      METODOLOGI PENELITIAN...................................................................... 47           
A.   Tujuan Penelitian.................................................................................. 47
B.   Tempat dan Waktu Penelitian ............................................................ 47
C.   Metode Penelitian.................................................................................. 47
D.   Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel...................................... 48
E.   Teknik Pengumpulan Data.................................................................. 51
1.   Tes Prestasi Belajar Siswa............................................................. 51
2.   Angket Kedisiplinan Guru.............................................................. 54
3.   Angket Perhatian Orangtua........................................................... 58
F.    Teknik Analisis Data.............................................................................. 60
G.   Hipotesis Statistik................................................................................... 61

DAFTAR KEPUSTAKAAN
LAMPIRAN
 
INSTRUMEN ANGKET KEDISIPLINAN GURU

Petunjuk Pengisian
1.    Pernyataan berikut menggambarkan perilaku guru kelasmu dalam mengelola kedisiplinan belajar di kelasmu. Nyatakanlah seberapa sering perilaku tersebut dilakukan gurumu, dengan menyilangi SL untuk Selalu, S Sering, J untuk Jarang, JS -= Jarang Sekali, TP untuk Tidak Pernah.
2.    Pengisian angket tidak akan mempengaruhi penilaan terhadap dirimu dan gurumu, dan apapun jawabanmu tidak akan diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu isilah sesuai dengan penialaianmu sendiri, tanpa terpengaruh oleh penilaian orang lain.
3.    Terima kasih telah mengisi angket.
NO
PERNYATAAN
SL
S
J
JS
TP
1.     
Gurumu ramah terhadap dirimu





2.     
Gurumu menilaimu sebagai anak yang baik





3.     
Gurumu percaya kamu bisa mengatur diri sendiri





4.     
Gurumu mulai mengajar setelah murid-murid tenang





5.     
Gurumu mengabsen sebelum mulai mengajar





6.     
Gurumu mengajar tepat waktu





7.     
Gurumu mengubah tata tertib kelas yang memberatkan siswa





8.     
Gurumu menegur kalau kamu melakukan kesalahan





9.     
Kamu melaporkan temanmu yang melanggar tata tertib kelas





10.  
Gurumu menjelaskan tujuan dari setiap tata tertib belajar di kelas





11.  
Tata tertib kelas tidak membebani dirimu





12.  
Guru hadir mengajar tepat waktu





13.  
Gurumu memujimu jika kamu tertib





14.  
Gurumu memuji kelas yang tertib





15.  
Tegoran gurumu mudah dimengerti





16.  
Gurumu menjelaskan akibat buruk menyontek saat ulangan





17.  
Gurumu membiarkan celetukan murid saat belajar





18.  
Gurumu memberikan bimbingan kepala anak yang bermasalah





19.  
Gurumu tidak menakut-nakuti murid dengan hukuman





20.  
Nasehat gurumu menyenangkan hati





21.  
Gurumu memanggil murid yang bermasalah





22.  
Gurumu memberi peringatan kepada murid yang melanggar tata tertib kelas





23.  
Guru lain membantu gurumu mengatasi murid yang tak bisa diatasi





24.  
Gurumu minta bantuan kepala sekolah mengatasi murid yang tak bisa diatasinya





25.  
Guru tidak senang pada dirimu





26.  
Gurumu mencapmu sebagai anak nakal





27.  
Perintah gurumu tidak kamu laksanakan





28.  
Gurumu tetap mengajar walaupun siswa ribut





29.  
Gurumu tidak menegur jika kamu bolos





30.  
Gurumu keluar masuk kelas sewaktu mengajar





31.  
Guru melaksanakan aturan walaupun memberatkan siswa





32.  
Gurumu membiarkanmu melakukan kesalahan





33.  
Kamu membiarkan temanmu melanggar tata tertib kelas





34.  
Gurumu tidak menjelaskan tujuan tata tertib kelas





35.  
Kamu tidak senang dengan tata tertib kelas





36.  
Guru mengajar tidak sesuai jadwal





37.  
Gurumu membiarkan anak yang melanggar tata tertib kelas





38.  
Gurumu membiarkan kelas yang gaduh saat belajar





39.  
Tegoran gurumu melantur kemana-mana





40.  
Gurumu tidak menjelaskan akibat dari membolos





41.  
Gurumu marah jika dicandai murid saat belajar





42.  
Gurumu membiarkan murid yang bermasalah





43.  
Gurumu menakut-nakuti murid dengan hukuman





44.  
Nasehat gurumu menyakitkan hati





45.  
Gurumu membiarkan murid berbuat kesalahan





46.  
Gurumu langsung menghukum murid tanpa melalui peringatan terlebih dahulu





47.  
Gurumu tidak bekerjasama dengan guru lain mengatasi murid yang tak bisa diatasi





48.  
Gurumu membiarkan murid yang tidak bisa diatasinya sendiri







INSTRUMEN ANGKET PERHATIAN ORANGTUA
Petunjuk Pengisian
1.    Pernyataan berikut menggambarkan perilaku orangtuamu dalam memperhatikan pendidikanmu. Nyatakanlah, dengan menyilangi SL untuk Selalu, S Sering, J untuk Jarang, JS = Jarang Sekali, TP untuk Tidak Pernah.
2.    Pengisian angket tidak akan mempengaruhi penilaan terhadap diri dan orangtuamu, dan apapun jawabanmu tidak akan diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu isilah sesuai dengan penilaianmu sendiri, tanpa terpengaruh oleh penilaian orang lain.
3.    Terima kasih kamu telah mengisi angket.
NO
PERNYATAAN
SL
S
J
JS
TP
1.     
Orangtuamu berupaya menyediakan segala peralatan belajarmu





2.     
Orangtuamu membantumu menyelesaikan pekerjaan rumahmu





3.     
Orangtuamu membahas masalah-masalahmu dalam belajar





4.     
Orangtuamu membahas masalah belajarmu dengan gurumu





5.     
Orangtuamu menghadiri acara-acaramu di sekolah





6.     
Orangtuamu berupaya menjadikan rumahmu nyaman bagimu untuk belajar





7.     
Orangtuamu mengetahui teman-temanmu





8.     
Orangtuamu berusaha membina hubungan dengan sekolah





9.     
Orangtuamu ikut dalam organisasi orangtua murid





10.  
Orangtuamu berusaha melengkapi buku pelajaranmu





11.  
Orangtuamu menjelaskan pekerjaan rumah yang tidak kamu pahami





12.  
Orangtuamu menanyakan masalah-masalah yang kamu hadapi dalam belajar





13.  
Orangtuamu bertanya pada gurumu tentang masalah yang kamu hadapi dalam belajar di sekolah





14.  
Orangtuamu turut hadir jika kamu tampil dalam acara-acara di sekolah





15.  
Suasana di rumah membuatmu asyik belajar





16.  
Kamu dilarang orangtuamu bergaul dengan sembarang anak





17.  
Orangtuamu hadir jika diundang ke sekolah





18.  
Orangtuamu ikut dalam rapat orangtua murid





19.  
Alat-alat tulismu tersedia lengkap





20.  
Orangtuamu memeriksa pekerjaan rumahmu





21.  
Orangtuamu ingin tahu apa yang kamu lakukan disekolah





22.  
Orangtuamu menghubungi guru jika ada masalah menyangkut dirimu di sekolah





23.  
Orangtuamu suka menyaksikan kamu tampil dalam acara-acara sekolah





24.  
Orangtuamu tidak mau menyuruhmu pekerjaan lain jika kamu sedang belajar dirumah





25.  
Orangtuamu ingin tahu dengan siapa kamu bermain di luar rumah





26.  
Orangtuamu mudah dihubungi sekolah jika ada keperluan





27.  
Orangtuamu aktif dalam kegiatan-kegiatan orangtua murid





28.  
Orangtuamu acuh tak acuh dengan keperluan alat belajarmu





29.  
Orangtuamu tidak mau terganggu dengan urusan pekerjaan rumahmu





30.  
Orangtuamu tidak mau tahu dengan urusan belajarmu





31.  
Orangtuamu enggan membahas masalah belajarmu dengan guru





32.  
Orangtuamu tidak sempat menghadiri acara-acaramu di sekolah





33.  
Kamu terlalu sibuk membantu orangtuamu sehingga tidak sempat belajar di rumah





34.  
Orangtuamu tidak peduli dengan siapa kamu berteman





35.  
Orangtuamu keberatan dimintai bantuan sumbangan pendidikan oleh pihak sekolah





36.  
Orangtuamu enggan menghadiri rapat-rapat orangtua murid







INSTRUMEN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

PETUNJUK :
Lingkari jawaban yang paling kamu anggap benar.

  1. Setelah kalian mendengarkan laporan pengamatan atau perjalanan, banyak hal kalian ketahui, Kini pengetahuan kalian bertambah lagi.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah....
    1. tanda baca koma (,) ditulis sesudah kata setelah
    2. antara kata perjalanan dengan kata banyak dipisahkan tanda baca titik (.)
    3. antara kata ketahui dan kata Kini seharusnya ada tanda baca titik (.)
    4. semua tanda baca pada paragraf tersebut diganti titik (.)

  1. Strategi yang ditempuh untuk mengatasi kemiskinan ialah mengintegrasi 2 program. Kedua program tersebut yaitu : Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah....
    1. strategi mengatasi kemiskinan
    2. program pemerintah mengatasi kemiskinan
    3. program Menkokesra
    4. Program PPK dan P2KP

  1. Makna kata program pada paragraf tersebut adalah....
    1. urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu
    2. rancangan mengenai asas serta usaha
    3. serangkaian instruksi yang mengatur langkah-langkah yang harus diambil oleh suatu sistem
    4. rencana untuk melakukan suatu kegiatan yang telah ditempuh

  1. Strategi apa yang dijalankan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan?
    1. mengintegrasikan dua program
    2. memasyarakatkan kesejahteraan
    3. mengumumkan perekonomian
    4. merencanakan program

  1.  Alternatif Tarif Busway
Tarif
Subsidi
Rp 3.500,00
Rp 4.000,00
Rp 4.500,00
Rp 5.000,00
Rp 5.500,00
Rp 258 milyar
Rp 246 milyar
Rp 234 milyar
Rp 222 milyar
Rp 210 milyar
Berapakah alternatif tarif Busway, jika pemerintah menghendaki subsidi paling kecil?
a. Rp 3.500,00                      b. Rp 4.000,00                     
c.Rp 4.500,00                       d.Rp 5.500,00
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah….
    1. setiap alternatif tarif busway naik Rp 500,00 maka subsidi yang dikeluarkan pemerintah naik Rp 12 miliar
    2. setiap alternatif tarif busway naik Rp 500,00 maka subsidi juga naik menjadi Rp 222 miliar
    3. Tarif alternatif busway yang paling tepat adalah Rp 5.000,00 karena subsidi pemerintah hanya Rp 222 miliar
    4. Alternatif busway tertinggi adalah Rp 5.500,00 apabila subsidi yang diinginkan juga tinggi

  1. Sebuah situs internet bernama karangsemproperty.com memasang iklan penjualan dua pulau di Nusa Tenggara Barat. Dua pulau itu adalah Pulau Panjang seluas 33 hektar dan pulau meriam besar seluas 5 hektar.
Perbaikan penulisan huruf dalam paragraf tersebut adalah....
    1. k dan c pada karangsemproperty.com harusnya berhuruf kapital
    2. p pada pulau di Nusa Tenggara Barat harusnya huruf kapital
    3. p, m, dan b pada kata kata pulau meriam besar seharusnya huruf kapital
    4. h pada kata hektar harusnya huruf kapital
  1. ....
Teruslah o. Teratai bahagia
Berseri di kebun Indonesia
Biar sedikit penjaga taman
......
Isi puisi tersebut adalah....
a.    mengharapkan bunga teratai agar tidak layu
b.    agar bangsa Indonesia menjaga taman
c.    kebun yang tumbuh subur bagaikan taman yang indah
d.    mengharapkan sesuatu untuk dipertahankan

  1. Tirani adalah pikiran
Yang dipindahkan ke dalam slogan
Yang menguntai pikiran
Kata yang berima dari bait puisi tersebut adalah....
a. tirani – pikiran                  b. tirani – slogan                  c. pikiran – slogan   d. yang – pikiran

  1. Eto`o sebagai striker Barcelona dianggap sebagai salah satu penyerang yang paling berbahaya saat ini. Ungkapan Fabregas itu dilandasi rasa kagumnya atas Eto`o dalam mengolah si kulit bundar itu di lapangan. Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah....
    1. Ia memang penyerang paling berbahaya saat ini
    2. Sebaiknya tidak berlebihan jika menilai seseorang
    3. Kekaguman seseorang yang berlebihan terhadap idolanya
    4. Striker paling berbahaya dalam mengolah si kulit bundar

  1. (1) Cuaca kota Bandung sangat dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bandung mencapai 24 C. (4) Data tingkat suhu udara ini terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bandung.
Kalimat yang berupa pendapat pada paragraf diatas terdapat pada....
a. (1) dan (2)             b. (1) dan (3)             c. (2) dan (3)              d. (2) dan (4)

  1. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran nafas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi perasan air jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah....
    1. Penyakit tenggorokan disebabkan oleh virus
    2. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat
    3. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan
    4. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon

  1. Kutipan I
Pukul lima, selagi masih buta, kentongan membangunkan para kuli dari tidurnya yang berat terlena. Mereka bangun sambil menggeliat, dan menggaruk diri. Nyamuk dan kutu busuk sepanjang malam menggigit dan menyengat mereka.

Kutipan II
”Apa salahku, apa salahku, mengapa kau katakan, aku tidak suka makan gulai seenak itu? Supaya aku tidak makan dan kamu yang akan menghabiskannya,” kataku kesal.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah....


Kutipan I
Kutipan II
a.
Tokoh yang terlihat banyak
Tokoh yang terlihat dua
b.
Sudut pandang diaan
Sudut pandang akuan
c.
Latar tidak jelas
Latar jelas
d.
Amanat jelas
Amanat tidak jelas

  1. ....
Apa yang harus kulakukan? Pikirnya. Tepat ketika itu ia ingat, seseorang pernah berkata, kalau menemukan uang, kita harus menyerahkannya pada polisi. Tapi di kereta tidak ada polisi. Jadi, bagaimana? Tiba-tiba pintu ruang kondektur terbuka. Kondektur masuk ke gerbong tempat Totto-Chan berdiri. Totto-Chan tidak tahu apa yang mendorongnya bertindak ; ia menginjak uang logam lima sen itu dengan kaki kanannya. Karena mengenali Totto-Chan, kondektur tersenyum kepadanya. Tapi Totto-Chan tak dapat membalas senyum pria itu dengan sepenuh hati. Ia merasa bersalah gara-gara uang lima sen yang ditutupinya.

Sikap totto-Chan yang patut ditiru dalam kehidupan sehari-hari adalah....
a.    merasa bersalah telah melakukan hal yang tidak baik
b.    tidak mau menyerahkan uang yang ditemukan
c.    berusaha menyembunyikan jika menemukan sesuatu
d.    menganggap barang yang ditemukan sebagai milik pribadi

  1. Bukti  watak kondektur ramah pada kutipan cerita di atas adalah....
a. marah        b. menyapa   c. tertawa       d. tersenyum

  1. Konflik yang dihadapi tokoh pada kutipan cerita terjemahan tersebut adalah....
a. membalas senyuman                             b. perbedaan keinginan                
c. menemukan uang                                   d. naik kereta api

  1. Latar tempat dalam kutipan cerita terjemahan dia ats adalah....
a. di stasiun kereta api                                b. di sekolah
c. di dalam kereta api                                  d. di rumah

        Rumah terlihat sepi ketika Rama pulang dari sekolah. Kakak terbaring di kamarnya.
Rama : Assalamualaikum. Rama pulang. Kakak di mana ?
Kakak             : (suara pelan) di kamar, Ram. Huk...huk....(batuk)
Rama : Kakak kenapa? (nada sedikit khawatir) Rama ambilkan air ya.
Kakak            : Kakak sedang flu dan demam. Tolong ambilkan obat di kotak obat, Ya.
Rama              : Baik, kak. (bergegas mengambil obat)


  1. Suasana yang tergambar dalam kutipan drama di atas adalah....
a. tegang       b. Sedih                     c. Gembira     d. santai

  1. Latar kutipan drama tersebut terjadi di....
a. kamar         b. Dapur         c. Halaman    d. rumah

  1. Nilai agama yang dapat diteladani dari kutipan drama di atas adalah....
    1. mengambilkan air bagi orang lain
    2. mengucapkan salam sebelum masuk
    3. menyapa pada saat pulang
    4. harus khawatir pada kakak kandung




Tidak ada komentar: