INSTRUMEN ANALISIS DOKUMEN PENERAPAN
PENDIDIKAN KARAKTER DI SATUAN PENDIDIKAN
Petunjuk
Pengisian
1.
Isilah identitas satuan
pendidikan yang dikunjungi secara lengkap
2.
Jawablah sesuai dengan fakta, dengan memberi tanda
centang ( √ ) pada kolom pernyataan yang ada pada instrumen analisis
dokumen.
3.
Informasi dapat diperoleh
melalui penelaahan dokumen KTSP, baik dokumen I maupun dokumen II dan/atau
wawancara kepada sumber yang kompenten.
4.
Pada kolom Keterangan
dapat diisi dengan kondisi/keadaan yang ada, misal :
-
Integrasi nilai pada visi
satuan pendidikan ada pada kolom keterangan di isi dengan nilai pendikar yang
tertuang dalam visi satuan pendidikan)
-
Integrasi nilai dalam
silabus ada (pada kolom keterangan diberikan penjelasan berupa: dirumuskan
dalam kegiatan pembelajaran, dirumuskan dalam kolom tersendiri)
I.
Identitas
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri
83
Alamat :
Jl. Tipar Cakung Sukapura Cilincing
Kabupaten/Kota :
Jakarta Utara
Provinsi :
DKI Jakarta
Komponen/ Aspek
|
Klasifikasi
|
Keterangan
|
|
Ada
|
Tidak
|
||
1. Integrasi nilai pendidikan
karakter, Ekonomi kreatif dan kewirausahaan dalam
dokumen Kurikulum
a. Dokumen 1
1. Latar
belakang
|
V
|
|
· pengantar belum
tajam mengulas tentang penanaman karakter bangsa, kewirausahaan dan ekonomi
kreatif
· dasar hukum
penerapan karakter bangsa belum dicantumkan
pp No. 6 tahun
2009
pp No. 1 tahun
2010
|
2. Visi
|
V
|
|
|
3. Misi
|
V
|
|
|
4. Tujuan
Sekolah
|
V
|
|
|
5.
Struktur Kurikulum (Mata Pelajaran,
Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri)
|
V
|
|
Program
Mulok dan SK KDnya belum mencantumkan pengembangan karakter bangsa,
kewirausahaan dan ekonomi kreatif
|
6.
Kalender
Pendidikan
|
V
|
|
Belum
mencantumkan kegiatan seolah yang mampu mengeksplorasi
|
b. Dalam dokumen II
1. Pengintegrasian
nilai-nilai pendidikan karakter dalam silabus
|
V
|
|
|
2. Pengintegrasian
nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP
|
V
|
|
|
Yang menganalisis:
1 Dedeh Turidah, S.Pd, MSi
2 Dra. Suhartati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar